Brilio.net - Sejak zaman dahulu, manusia selalu mencari makanan atau apapun itu yang bisa meningkatkan gairah seks mereka. Munculnya beraneka macam obat kuat bisa dijadikan contoh yang terpampang nyata. Berbagai makanan tertentu pun sering dikaitkan dengan peningkatan kesuburan dan nafsu seksual.

Jenis-jenis makanan tersebut mengandung zat kimia yang digunakan untuk merangsang daya seksual, disebut juga dengan afrodisiak. Kata 'afrodisiak' berasal dari mitologi Yunani dan dikaitkan dengan sang dewi cinta Aphrodite. Beberapa makanan diyakini memiliki efek afrodisiak.

Jangan heran kalau ada yang mengatakan bila bentuk, rasa, dan bau makanan tertentu dipertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam kategori 'makanan cinta'.

Berikut ini makanan yang dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (11/4):

1. Pisang

7 Makanan 'cinta' ini dipercaya bisa buat hubungan kamu makin romantis

Pisang pasti sering kamu temui di iklim tropis seperti Indonesia. Nggak hanya bentuknya yang menyerupai alat kelamin pria, tetapi kandungan dalam pisang ternyata bisa membangkitkan gairah dan libido kaum pria lho.

Pisang mengandung vitamin A, B, dan C dan juga kalium. Vitamin B dan potasium dikenal mampu meningkatkan stamina serta produksi hormon seks dalam tubuh. Sebuah pisang juga dikemas dengan Bromelain yang meningkatkan kadar testosteron. Tingginya kadar gula dalam pisang juga memberikan energi yang membantu pasangan (eits, buat yang udah nikah, lho!) beraksi di atas ranjang lebih lama.

2. Tiram

7 Makanan 'cinta' ini dipercaya bisa buat hubungan kamu makin romantis

Sejenis hewan bercangkerang (kerang-kerangan) ini mungkin adalah afrodisiak yang paling terkenal. Tiram mengandung zink dalam jumlah banyak. Kandungan zink di dalam tiram bisa membantu ketahanan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan jika terjadi luka di kulit. Tapi kalau kekurangan zink dapat mengganggu jumlah sperma dan kesuburan pria.

Tiram juga memiliki zat besi yang membantu menambah gairah bercinta. Walaupun kandungan tiram memberi banyak manfaat bagi kesehatan tapi pastikan kamu memilih kerang yang aman untuk dikonsumsi ya.

3. Alpukat

7 Makanan 'cinta' ini dipercaya bisa buat hubungan kamu makin romantis

Di era peradaban Suku Maya, alpukat dimakan untuk memperbaiki gariah seksual. Buah alpukat kaya akan lemak baik dan membuat jantung lebih kuat berdetak dan menjaga aliran darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Walau berlemak, untuk memproduksi testosteron kaum pria membutuhkan lemak. Alpukat juga mengandung asam folat, vitamin B6, potasium, asam lemak omega-3 dan asam oleat.

4. Asparagus

7 Makanan 'cinta' ini dipercaya bisa buat hubungan kamu makin romantis

Di abad ke-17, seorang ahli tanaman obat dari Inggris Nicholas Culpepper pernah menulis, asparagus 'membangkit gairah pria dan wanita'. Sayur ini ringan, kaya akan vitamin dan menambah rasa segar bagi banyak masakan.

Asparagus, dengan bentuk phallic yang dimilikinya, memenuhi kriteria visual untuk jenis makanan afrodisiak. Menurut Chris Kilham, penulis Hot Plants: Nature's Proven Sex Boosters for Men and Women, sekali dicerna asparagus bekerja dari dalam dengan mendorong kinerja saluran kemih. "Ini memberi kamu sedikit rasa gatal di daerah pribadi, dan itu bisa sangat merangsang," ujar Kilham.

5. Almond

7 Makanan 'cinta' ini dipercaya bisa buat hubungan kamu makin romantis

Almond sejak zaman dahulu dianggap sebagai simbol fertilitas. Aromanya dikatakan mampu untuk membangkitkan gairah pada perempuan. Nggak hanya itu, almond padat nutrisi dan kaya akan mineral yang penting bagi kesehatan seksual dan reproduksi, seperti zinc, selenium, dan vitamin E.

6. Apel

7 Makanan 'cinta' ini dipercaya bisa buat hubungan kamu makin romantis

Buah apel mengandung phloridzin, sebuah phytoestrogen umum yang strukturnya mirip dengan estradiol atau hormon seks perempuan. Estradiol ini memainkan peran amat besar dalam pelumasan vagina dan seksualitas perempuan.

7. Cokelat

7 Makanan 'cinta' ini dipercaya bisa buat hubungan kamu makin romantis

Cokelat selalu diidentikkan dengan cinta dan kasih sayang. Nyatanya, cokelat memiliki kandungan phenylethylamine (PEA), zat yang diproduksi oleh otak dalam jumlah besar ketika sedang jatuh cinta.

Sudah lama cokelat juga dikenal sebagai afrodisiak. Bahkan ada gurauan yang mengatakan, cokelat bahkan lebih nikmat dari berhubungan seks. Dari segi ilmiah, kandungan senyawa pada cokelat yang disebut methyixanthine memicu melepas hormon dopamin dalam tubuh. Jumlah dopamin meningkat saat seseorang tidur nyenyak, berolahraga, atau pun sedang melakukan aktivitas seks.

Cokelat hitam nggak kalah menggiurkan karena mempunyai jumlah antioksidan yang besar, berfungsi untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh.