Brilio.net - Memakai bra saat tidur masih jadi perdebatan di kalangan perempuan. Sebagian besar wanita ada yang nggak memakai bra saat tidur karena merasa lebih nyaman dan memberikan payudara kesempatan untuk bisa bernapas, namun masih ada juga yang memakai jenis pakaian wajib bagi wanita ini.

Beberapa ahli mengatakan itu ide yang baik, sementara dokter mengatakan memakai bra saat tidur sama sekali nggak perlu. Jadi gimana dong sebaiknya?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari Bustle, Kamis (11/2), dokter dan ahli bra menyatakan bahwa sebenarnya belum ada bukti pasti bahwa tidur pakai bra itu bermanfaat atau bahkan bisa berbahaya.

WAJIB KAMU BACA: 7 Tanda kalau bra kamu mulai bikin geli-geli risi sampai nyeri

Beberapa wanita seringkali meyakini bahwa tidur pakai bra adalah cara untuk mencegah payudara kendur, tetapi nggak ada bukti ilmiah bahwa itu benar. Singkatnya, jika tidur dengan memakai bra membuat merasa lebih nyaman, maka kamu pasti akan melakukannya bukan? Sementara menurut Dr Amber Guth, seorang profesor bedah di NYU mengungkapkan bahwa kendur atau perubahan pada payudara itu disebabkan karena sejumlah faktor. Kehamilan dan menyusui jadi penyebab paling umum.

Loading...

Ini jawaban paling logis soal cewek tidur pakai bra aman atau nggak

Pendapat berbeda dikemukakan juga oleh ilmuwan Sydney Singer, bahwa waktu yang paling tepat untuk mengistirahatkan payudara dengan tanpa memakai bra adalah saat tidur. Menurutnya, menggunakan bra terlalu lama dapat meningkatkan suhu jaringan payudara dan wanita yang memakai bra memiliki kadar hormon prolaktin (hormon yang berfungsi merangsang kelenjar air susu) yang lebih tinggi. Kedua hal ini dapat memengaruhi pembentukan kanker payudara.

Dalam beberapa kasus, bagaimana pun tidur memakai bra bisa jadi ide yang baik. Apalagi kalau kamu punya ukuran payudara besar, fungsi payudara sebagai penyangga dan pelindung payudara sangat dibutuhkan untuk mencegah stretch mark yang mungkin secara alami terjadi selama kamu tidur.

Ini jawaban paling logis soal cewek tidur pakai bra aman atau nggak

Bahkan sebenarnya ada bra yang khusus dirancang untuk dipakai saat malam hari oleh orang-orang yang memiliki payudara lebih besar. Biasanya terbuat dari bahan nilon atau katun yang dapat membuat kulit bisa 'bernapas'. Selain itu, jika kamu ingin tidur dengan memakai bra, sebaiknya pilihlah bra yang ringan tanpa kawat. Alasannya kawat pada bra bisa bikin tidur jadi nggak nyaman dan menghambat aliran getah bening di payudara.

Jadi, memakai bra saat tidur atau tidak sebenarnya adalah pilihan personal. Kembali lagi, ini masalah nyaman atau tidaknya untukmu. Jika kamu memilih untuk memakai bra, pilihlah bra dengan bahan yang nyaman dan ukuran yang pas. Namun jika kamu memilih untuk tidak memakai bra dan selama aman-aman serta tidak berpengaruh apapun saat tidur, kenapa nggak? Karena pastinya tingkat kenyamanan wanita tentu berbeda-beda.

Semoga menambah wawasan kamu ya, ladies!