Brilio.net - Sebagai seorang wanita, Miss V menjadi bagian tubuh paling penting yang harus dijaga dan dirawat. Pasalnya organ intim ini merupakan bagian paling sensitif dan mudah terkena oleh kuman dan bakteri baik disengaja maupun tidak. Waspada ya guys?

Makanya setiap wanita pasti sering merasakan gatal di sekitar Miss V. Padahal, menurut pengakuan para wanita, mereka sudah menjaga dan merawat dengan baik organ intim mereka masing-masing. Nah, lalu apa penyebab gatal di Miss V? Berikut brilio.net kumpulkan 7 hal yang dapat menjadi penyebab gatal organ intim ini seperti yang dilansir dari womenhealth, Rabu (4/11):

1. Bakteri Miss V

Bakteri adalah alasan paling umum dari rasa gatal di Miss V. Bakteri ini disebabkan adanya ketidakseimbangan antara tingkat keasaman pH pada organ tersebut. Menurut ahli, gejalanya adalah keluar cairan dan berair. Cara agar terhindar dari bakteri adalah rajin membersihkan dan merawat Miss V setiap hari. Jika makin parah segera bawa ke dokter untuk mendapat penanganan.

2. Infeksi jamur

Sama seperti bakteri, jika tingkat pH dalam Miss V sudah tak seimbang, hal ini juga bisa menyebabkan infeksi jamur. Penyebabnya macam-macam bisa karena stress, diet berlebihan atau perawatan yang tidak cocok. Gejalanya ada gatal disertai keluar cairan putih kental. Jika sudah begini sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk penyembuhan lebih lanjut.

3. Iritasi kulit

Iritasi kulit biasanya disebabkan oleh alergi terhadap barang tertentu seperti parfum, alat kontrasepsi atau lotion. Gejalanya ada gatal-gatal sehingga menyebabkan kulit di sekitar Miss V kemerahan dan bengkak. Untuk menghindari iritasi ini harus lebih selektif dalam memilih produk perawatan yang mengandung bahan kimia terlalu tajam.

4. Gangguan kulit genetik

Gangguan kulit genetik dapat menyebabkan gatal-gatal dan menimbulkan ruam-ruam kemerahan pada kulit Miss V. Untuk menyembuhkannya adalah dengan cara perawatan mandi oatmeal dalam seminggu untuk mengurangi rasa gatal-gatal. Namun jika dalam waktu seminggu tidak ada perubahan, segera konsultasikan dengan dokter.

5. Melakukan hubungan intim tanpa kondom

Melakukan hubungan intim tanpa kondom ternyata juga dapat menyebabkan Miss V menjadi gatal karena pertemuan dua bakteri. Jika gatal ini sampai menyebabkan rasa sakit dan terbakar di kulit serta berbau busuk maka sudah semestinya untuk segera membawa ke dokter. Hal itu bisa menjadi awal penyebab penyakit kelamin.

6. Kelainan kulit putih pada kelamin

Gejala dari kelainan ini adalah gatal parah, kulit memar dan bintik-bintik putih pada kulit. Penyebabnya adalah sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif atau kurangnya hormon seks.

7. Hormon yang berubah-ubah

Hormon juga bisa menjadi penyebab gatal. Hormon yang berubah-ubah biasanya disebabkan karena menstruasi, kehamilan, dan menopouse. Hormon ini biasanya akan membuat kulit Miss V menjadi kering sehingga menimbulkan rasa nyeri dan gatal.

(brl/fen)

(brl/fen)