Brilio.net - Tak ada yang lebih menyebalkan daripada menyadari kalau bra yang kamu pakai sudah membuatmu tak nyaman saat beraktivitas. Sayangnya, kalau kamu mau membenarkan bra kamu yang talinya melorot misalnya, nggak enak banget buat dilihatin sama orang lain, ganggu dan bikin malu, ya nggak? 

Jadi penting nih, buat kamu mengetahui mengapa bra bisa jadi pengganggu dan bagaimana kamu memperbaikinya.

Nah, brilio.net udah merangkum dari bustle, Selasa (29/12), tanda-tanda bra yang bikin hari-harimu terganggu dan bisa menyakitimu. Simak yuk, ladies!

1. Talinya sering melorot

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

7 Tanda kalau bra kamu mulai bikin geli-geli risi sampai nyeri, duh!

foto: giphy.com

Tali bra jadi komponen penting untuk menopang payudara kamu. Jika tali bra sering melorot dari bahu, maka kemungkinan bra yang kamu pilih terlalu besar. Cobalah untuk menaikkan ukuran cup bra.

2. Band sampai ke punggung

7 Tanda kalau bra kamu mulai bikin geli-geli risi sampai nyeri, duh!

foto: lanebryant.com

Jika back band atau bagian belakang bra, terutama di bagian pengait, tertarik ke atas punggung dan membentuk huruf 'V' yang lebar, ini tanda bra terlalu besar. Coba untuk menemukan bra dengan band yang lebih kecil dan perlu diingat bahwa 32 tak harus menjadi ukuran terkecil. Banyak perusahaan bra yang mulai menawarkan ukuran band yang lebih kecil seperti 28.

3. Tertusuk kawat bra

7 Tanda kalau bra kamu mulai bikin geli-geli risi sampai nyeri, duh!

foto: flickr.com

Ada dua alasan ini bisa terjadi, entah cup bra yang terlalu kecil atau bra kamu yang memang sudah aus sehingga kawat di bagian dalam bisa menusukmu. Segera belilah bra baru.

4. Payudara 'tumpah' sampai keluar bra

7 Tanda kalau bra kamu mulai bikin geli-geli risi sampai nyeri, duh!

foto: giphy.com

Masalah yang satu ini harus kamu pahami, kalau bra yang kamu pilih salah ukuran dan mungkin cup terlalu kecil.

5. Ada celah di antara bra dan payudara

7 Tanda kalau bra kamu mulai bikin geli-geli risi sampai nyeri, duh!foto: counselheal.com

Jika ada celah di bagian tengah cup bra dan nggak menutupi seluruh area payudara maka bra ini terlalu kecil untuk kamu. Cup bra memang dibentuk menyerupai kerucut, sehingga jika cup yang kekecilan akan menimbulkan celah di antara payudara dan branya.

6. Lipatan di bra

7 Tanda kalau bra kamu mulai bikin geli-geli risi sampai nyeri, duh!foto: measuretwicecutonce.com.au

Jika kamu melihat adanya lipatan-lipatan di cup bra (ini paling mudah terlihat saat kamu menggunakan kaus) maka bisa dipastikan kalau bra ini terlalu besar untuk kamu. Kelebihan kain ini akan membuat 'benjolan' lipatan di payudara. Turunkan ukuran bra yang kamu pilih.

7. Bagian bra meninggalkan bekas di kulit

7 Tanda kalau bra kamu mulai bikin geli-geli risi sampai nyeri, duh!foto: huffingtonpost.co.uk

Bra yang sesuai haruslah bra yang membuat kamu nyaman dari semua bagian. Jika ada beberapa bagian bra yang membuat payudara kamu sakit dan bahkan meninggalkan bekas merah di kulit, maka ini berarti bra yang kamu pakai terlalu ketat dan terlalu kecil. Cobalah mengenakan bra berbahan katun atau bra sederhana yang terbuat dari kain halus untuk menentukan bekas di kulit merupakan masalah bra atau masalah kulit sensitif.

Nah, sudah paham kan, ladies? Selamat memilih bra yang sesuai dengan payudaramu ya. Jagalah kesehatannya juga! ~

(brl/gib)