Brilio.net - Sebenarnya nyeri saat haid merupakan hal yang lumrah dialami oleh seorang perempuan. Hanya saja jika hal tersebut sudah mengganggu aktivitas harian, maka memang sudah perlu mendapatkan perhatian lebih.

Rasa nyeri tersebut akan menurun intensitasnya seiring dengan pertambahan usia dan menghilang saat perempuan melahirkan. Biasanya nyeri akan terasa 24 jam sebelum haid dan berakhir 24 sampai 36 jam setelah haid berhenti.

Nah, alih-alih minum obat dan mengonsumsi bahan-bahan kimia, ada baiknya kamu mau melakukan hal-hal alami berikut ini untuk meredakan nyeri haid, seperti yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (22/1):

1. Lakukan pijatan lembut perut bagian bawah

Ladies, kalau nyeri haid jangan minum obat, lakukan 10 tips ini deh!foto: amazine.co

Loading...

Pijatlah perut bagian bawah kamu secara ringan dan lembut. Hal ini dapat meredakan rasa nyeri yang kamu alami, kemudian usap-usap menggunakan telapak tangan secara perlahan di bagian bawah perut kamu.

2. Kompres perut

Ladies, kalau nyeri haid jangan minum obat, lakukan 10 tips ini deh!foto: tokoalkes.com

Mengatasi rasa nyeri saat haid juga bisa dilakukan dengan mengompres perut kamu dengan air hangat menggunakan handuk dan biarkan beberapa saat.

3. Olahraga ringan

Ladies, kalau nyeri haid jangan minum obat, lakukan 10 tips ini deh!foto: sobatcantik.com

Biasanya saat haid badan kamu menjadi terasa pegal-pegal. Nah, oleh sebab itu jangan malah malas untuk berolahraga, justru dengan sedikit olahraga ringan rasa pegal-pegal itu bisa hilang.

4. Mengonsumsi minuman hangat

Ladies, kalau nyeri haid jangan minum obat, lakukan 10 tips ini deh!foto: resepminuman.wordpress.com

Mengonsumsi minuman hangat cukup ampuh dan sudah banyak yang mencobanya. Kamu bisa mencoba untuk meminum minuman hangat atau makanan hangat seperti jahe hangat atau sup hangat.

5. Tidur-tiduran

Ladies, kalau nyeri haid jangan minum obat, lakukan 10 tips ini deh!foto: pashatama.wordpress.com

Hal ini juga bisa kamu coba, tidur-tiduranlah dan cari posisi tidur kamu senyaman mungkin dan tariklah napas secara perlahan kemudian embuskan secara perlahan juga.

6. Atur pola makan

Ladies, kalau nyeri haid jangan minum obat, lakukan 10 tips ini deh!foto: mencegahpenyakit.com

Pastikan kamu tidak melewatkan makan. Jangan takut menjadi gemuk. Triknya adalah dengan mengatur porsi makan. Makanlah dengan porsi kecil-kecil namun sering. Dengan mengatur pola makan demikian, kamu akan mudah mengatur ukuran lingkar perut tanpa khawatir membesar. Jadi, makanlah makanan yang ringan namun dengan frekuensi yang agak sering.

7. Mandi air hangat

Ladies, kalau nyeri haid jangan minum obat, lakukan 10 tips ini deh!foto: lifestyle.analisadaily.com

Mandi air hangat merupakan bagian dari upaya relaksasi. Tak perlu khawatir soal mandi malam-malam menyebabkan rematik, karena hal tersebut tidak benar. Namun soal mandi air hangat, perlu diperhatikan durasi lamanya mandi, khususnya bagi pemilik kulit kering.

8. Kunyit asam

Ladies, kalau nyeri haid jangan minum obat, lakukan 10 tips ini deh!foto: liputnews.com

Jamu tradisional kunyit asam ini dipercaya memiliki banyak khasiat, selain dapat menyegarkan tubuh juga dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi. Cara membuat minuman ini pun cukup mudah, kunyit asam bubuk bisa diperoleh di toko jamu, kamu hanya perlu menyeduhnya lalu diminum.

9. Hindari pakaian ketat

Ladies, kalau nyeri haid jangan minum obat, lakukan 10 tips ini deh!

foto: myfriendson.blogspot.com

Pakaian yang terlalu ketat tentu mengganggu kenyamanan, terlebih saat masa-masa menstruasi dan nyeri yang sedang dialami. Karena itu lebih baik kenakan pakaian yang longgar dan nyaman saat haid sehingga tidak akan mengganggu ruang gerak dalam beraktivitas kamu.

10. Menungging

Ladies, kalau nyeri haid jangan minum obat, lakukan 10 tips ini deh!

foto: ibundakusehat.blogspot.com

Manfaat dari menungging saat nyeri haid agar rahim dapat tergantung ke bawah, hal ini dapat membantu tubuh untuk relaksasi.