Brilio.net - Nyeri haid (disminore) merupakan kondisi nyeri yang dialami perempuan selama masa reproduktifnya yang disebabkan oleh hormon prostaglandin dalam jumlah yang sangat berlebihan. Disminore juga terjadi karena progesterone yang ada di dalam darah.

Tindakan yang diambil untuk menghadapi disminore ini terbagi menjadi dua yaitu, terapi farmakologi dan non farmakologi. Saat ini kebanyakan orang masih mengonsumsi obat-obatan analgesik yang dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus.

Lima alumni UMY memberikan terobosan baru dalam menangani nyeri haid dengan menggunakan metode non farmatologi. Adalah Eka Rora SW, Syafrina AD, Erita, Praditiana Indah dan Agus Gunaidi.

Terobosan baru ini disebut Serem Qur'an. Serem Qur'an merupakan terapi non farmakologi yang mampu mengatasi nyeri haid dengan cara mengombinasikan dua intervensi yaitu senam disminore dengan relaksasi murotal Qur'an.

"Hal yang melatarbelakangi kami untuk membuat penelitian serem Qur'an ini adalah dari pengalaman saya pribadi yang sering mengalami nyeri haid, kemudian di Al-Qur'an sendiri disampaikan jika mengalami kesakitan maka ingatlah Dia, nah dari situ kami mencoba membuktikan secara ilmiah," jelas Eka Rora kepada brilio.net, Rabu (6/5).

Senam memang menjadi salah satu solusi untuk mengurangi rasa nyeri, sebab dengan senam, tubuh akan menghasilkan endorphine yang berfungsi sebagai obat penenang alami yang diproduksi otak dan akan menimbulkan rasa nyaman. Sedangkan, manfaat dari mendengarkan ayat-ayat suci Al-Qur'an dapat memberikan ketenangan jiwa.

Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel 84 orang yang berasal dari mahasiswi PSIK UMY dan dikelompokkan berdasarkan tanggal haidnya. Kemudian dilakukan terapi serem Qur'an 3 bulan. Dari hasil analisis penelitian diperoleh adanya penurunan rasa nyeri haid setelah melakukan serem Qur'an secara rutin.

"Kami berharap penelitian ini masih dapat dikembangkan lagi dengan sampel lebih banyak dan dilakukan lebih rutin," lanjut Eka Rora.

HOT NEWS:

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Kemegahan gedung Garuda ini tinggal kenangan, kini rata dengan tanah

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut

 

TRENDING NEWS:

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

Menyeramkan, pulau misterius ini membunuh siapa saja yang datang

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

Kontroversi surat terbuka Anggun C Sasmi ke Presiden Jokowi