Brilio.net - Semua wanita pasti mengalami menstruasi di setiap bulan dan pasti butuh yang namanya pembalut. Tapi meski wanita sudah mengalaminya sejak usia remaja, namun masih banyak juga yang menghiraukan masalah pemilihan pembalut yang mereka gunakan.

Apalagi sekarang wanita dihadapkan dengan banyak pilihan pembalut mulai dari yang tipis, tebal, panjang, bersayap, herbal dan mewangi sampai yang bungkusnya sayang banget buat dijadikan sebagai pembalut. Makin bingung nggak tuh?

Padahal sebagai wanita tentunya ingin dong memberikan yang terbaik untuk setiap kebutuhan diri sendiri apalagi berhubungan dengan masalah organ intim. Nah, supaya organ reproduksi kamu tetap terjaga, simak yuk hal-hal yang perlu dicermati dalam memilih pembalut ini, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/4):

1. Mempunyai daya serap tinggi

Kebanyakan wanita pada hari pertama sampai ketiga menstruasi, volume darah yang keluar lebih banyak jadi butuh banget untuk mengganti pembalut sesering mungkin. Oleh karena itu, kapasitas pembalut untuk menampung volume darah perlu kamu perhatikan juga terutama pada saat awal menstruasi. Pembalut yang memiliki daya serap tinggi akan membantu pada saat menstruasi keluar lebih banyak. Hal ini juga mencegah pembalut menjadi bocor dan tembus menodai pakaian.

Loading...

2. Nyaman dipakai

Memilih pembalut yang nyaman dan disesuaikan dengan lamanya menstruasi sangat diperlukan supaya nggak menganggu aktivitas kamu sehari-hari. Pakai pembalut yang tebal di saat darah menstruasi tinggal sedikit pasti nggak nyaman kan? Sama halnya saat awal-awal menstruasi jangan pakai pembalut yang tipis, takutnya tembus terus harus ganti deh. Bayangin aja kalau aktivitas kamu lagi sibuk-sibuknya ditambah baju kamu kena noda dari darah menstrusasi, nggak enak banget kan?

3. Tidak mempunyai aroma atau wangi tertentu

Ada baiknya pilih pembalut wanita yang nggak mempunyai aroma tertentu. Wangi-wangian pada pembalut justru mengandung bahan kimia tertentu. Bagi yang berkulit sensitif, hal ini justru akan membuat vagina menjadi gatal dan iritasi. Apalagi kalau kamu menggunakan pembalut yang wangi tapi malah menimbulkan reaksi alergi. Berarti kulit kamu nggak cocok dengan pewanginya atau bahan dari pembalut. Kamu bisa segera mengganti dengan jenis/merek lain saat memakai pembalut daripada malah terjadi iritasi.

4. Pilih yang berkualitas

Bekualitas nggak harus selalu mahal, tapi apa kamu rela mengorbankan organ vital dengan salah memilih pembalut? Kamu cukup memastikan kalau pembalut yang kamu pilih memiliki permukaan yang halus dan terasa lembut di kulit jadi nggak bikin organ vital kamu iritasi. Apalagi kalau kondisi di sekitar organ vital lagi lembab, itulah kenapa pembalut yang punya daya serap tinggi dibutuhkan untuk mengurangi kelembaban.