Brilio.net - Kisah Sir Isaac Newton dan apel yang jatuh adalah salah satu anekdot paling terkenal dalam bidang sains. Isaac Newton muda diceritakan sedang duduk di bawah pohon apel di kebunnya kemudian ada buah yang jatuh di kepalanya. Dan tiba-tiba ia merasa menemukan sesuatu yang cemerlang yakni teori gravitasi. Catatan tertulis pertama tentang insiden jatuhnya apel muncul di catatan John Conduitt, asisten Newton di Royal Mint yang juga suami dari keponakan Newton.

Pada tahun 1726, tahun yang sama di mana Newton tutup usia, John Conduitt menggambarkan kejadiannya. Tahun ketika teori gravitasi ditemukan, Newton tinggal di Woolsthorpe Manor dekat Grantham di Lincolnshire. Woolsthorpe Manor adalah tempat kelahiran dan merupakan rumah keluarga SIr Isaac Newton. Newton kembali ke rumahnya itu pada tahun 1666 ketika Universitas Cambridge ditutup karena wabah dan disini ia melakukan banyak eksperimen yang terkenal, terutama karyanya tentang cahaya dan optik.

Pohon apel itu telah dijaga sejak tahun 1750 oleh generasi keluarga Woolerton. Pada tahun 1816, sebuah badai mendorong pohon itu tumbang, namun tumbuh kembali. Pohon itu masih ada dan dirawat oleh National Trust. Seperti brilio.net lansir dari laman Amusing Planet, Kamis (16/11), berikut foto-fotonya.

1. Pohon ini merupakan pohon apel terkenal yang membuat Newton menemukan teori gravitasi. Lokasi pohon apel terkenal ini ternyata di lapangan Woolsthorpe Manor di Woolsthorpe-by-Colsterworth, Lincolnshire, Inggris.

pohon apel Newton asli  © 2017 berbagai sumber

Loading...

foto: flickr.com/duncanh1

2. Rumah Sir Isaac Newton di Woolsthorpe Manor.

pohon apel Newton asli  © 2017 berbagai sumber

foto: flickr.com/MikeFay

3. Pohon cangkokan pohon apel Newton yang sengaja ditanam di Trinity College, Cambridge, di bawah ruang Newton tinggal saat ia belajar di sana.

pohon apel Newton asli  © 2017 berbagai sumber

foto: flickr.com/SamRae

4. Sebuah plakat di bawah pohon cangkokan pohon apel Newton di Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, Amerika Serikat.

pohon apel Newton asli  © 2017 berbagai sumber

foto: flickr.com/MathieuThouvenin

5. Cangkokan pohon apel Newton di Goobang, New South Wales, Australia.

pohon apel Newton asli  © 2017 berbagai sumber

foto: flickr.com/CorrieBarklimore

6. Cangkokan pohon apel Newton di Teddington, London, Inggris.

pohon apel Newton asli  © 2017 berbagai sumber

foto: flickr.com/JohnBlower