Brilio.net - Kebebasan finansial menjadi impian banyak individu di seluruh dunia. Kebebasan finansial memberikan seseorang kontrol penuh atas hidup mereka, memungkinkan mereka untuk mengejar passion, hobi, atau tujuan hidup tanpa harus merasa terbatasi oleh masalah keuangan.

Untuk mencapai financial freedom, kamu harus fokus dalam mengelola keuangan dengan bijak, menghemat, dan berinvestasi secara cerdas. Ini bisa melibatkan pembuatan rencana keuangan yang kuat, meminimalkan utang, dan membangun portofolio investasi yang beragam.

Selain itu, financial freedom juga memungkinkan seseorang untuk menghadapi berbagai situasi kehidupan tanpa stres keuangan yang berlebihan, seperti masa pensiun yang nyaman, pendidikan anak-anak, atau krisis keuangan tak terduga.

Positifnya, generasi muda zaman sekarang sudah melek keuangan dan ingin mencapai kebebasan finansial itu sedini mungkin. Cara mereka mencapai financial freedom boleh jadi tak sama, namun tujuannya adalah ingin punya keuangan stabil sampai masa tua.

Hal ini pula yang tengah dicapai oleh Cindy dan suaminya. Melalui akun TikTok-nya, Cindy memang rajin membagikan tips atau kiat seputar keuangan versinya. Salah satu video TikTok (VT) yaitu membahas tips financial decision atau keputusan finansial agar cepat punya rumah dan mobil.

frugal living nunda anak © TikTok

foto: TikTok/@cindyarmdya

Perlu diketahui, Cindy dan suami sudah sejak lama menerapkan konsep frugal living di kehidupan sehari-hari mereka. Bahkan sejak SMA Cindy dan suaminya sudah tak diberi duit jajan lagi oleh orang tua. Walhasil mereka terbiasa dengan manajemen keuangan untuk diri sendiri.

Hasil dari frugal living pasangan ini adalah kini mereka sudah punya rumah dan punya mobil di usia muda. Selain itu, pasangan ini juga membiayai sendiri pesta pernikahan.

Kini ketika keduanya menikah, ada beberapa keputusan finansial yang dibuat berdasarkan kesepakatan bersama. Pertama, suami Cindy yang mulai mengganti rokoknya jadi pod. Dari keputusan ini, Cindy dan suami bisa menghemat uang sampai Rp 850 ribu per bulan.

"suami ganti rokok ke pod. dulu 900rb/bulan skrg 50rb.bulan pake diskonan," tulis Cindy dalam unggahannya.

frugal living nunda anak © TikTok

foto: TikTok/@cindyarmdya