Keputusan kedua yang dibuat adalah selalu melakukan financial meeting setiap bulan. Bagi Cindy dan pasangan kegiatan ini penting untuk memproyeksikan sejauh mana mereka spending atau mengeluarkan uang untuk kebutuhan maupun keinginan.

"Financial meeting bulanan. Budgeting tu seru, ga ribet. aku bukan yg makin boros makin kaya, makin kismin yg ada. Di kita yang bikin banyak duit tuh kerja sama sedekah, bukan boros :'))" ungkapnya.

frugal living nunda anak © TikTok

foto: TikTok/@cindyarmdya

Bagian ketiga ini cukup kontroversial. Cindy dan suami memutuskan untuk menunda punya anak sembari mereka mempersiapkan mental dan finansial yang baik.

Soal menunda punya anak ini sudah beberapa kali dibahas oleh wanita berusia 25 tersebut, menurutnya menunda punya anak bukan berarti tidak ingin punya anak. Dia ingin mempersiapkan semuanya dengan baik sebelum akhirnya diberi momongan.

"Nunda anak. KB itu non finansial decision yang dampak finansialnya gede. pengen banget nyiapin mental & finansial sebelum punya anak," ucapnya.

frugal living nunda anak © TikTok

foto: TikTok/@cindyarmdya

Hidup apa adanya dan nggak FOMO ( Fear Of Missing Out) adalah jalan ninja Cindy dan suami untuk capai financial freedom. Bagi keduanya nonton di rumah sambil makan cemilan sudah jadi kegiatan yang bikin bahagia, walau nggak pernah mampir ke cafe hits.

"Kurangin gengsi, fomo. Jarang bgt nongkrong ke kafe2 hits, apalagi skrg punya rumah betah pol, malming gini + goreng cemilan aja uda senank," akunya.

frugal living nunda anak © TikTok

foto: TikTok/@cindyarmdya

Tips terakhir mungkin agak sulit dilakukan tapi Cindy berusaha untuk memasak sendiri makanan untuknya dan suami, serta mengurangi jajan di luar demi kesehatan tubuh.

"Ga banyak jajan di luar. Kita uda sadar umur, pengen makan yang agak sehat. Kita juga garela makan mahal2 ujung2nya jadi kotoran," pungkasnya.

Postingan yang diunggah oleh Cindy itu kemudian ramai atensi dari warganet. Nggak sedikit yang menyoroti soal keputusan Cindy menunda anak demi mencapai financial yang stabil.

"saya setuju banget dengan prinsip ini.
kecuali yang bagian nunda anak, jangan takut habis uang karena anak,matematika Tuhan beda dengan manusia ," komentar Doel.

"Aku mau nunda anak 2-3th, eh sebulan nikah Allah kasih rencana lain, testpack positif tp aku percaya rencana Allah terbaik," ujar Racyun Syopi.

"semoga aku bisa konsisten kyk gini sama pasanganku, dan skrg aku uda mulai nyicil nabung brg dan finansial meeting brg," tulis nanditamedaa.

"Keren kak, relate banget. Aku sama suami juga nerapin lifestyle hemat gini. Bedanya suami udah stop banget rokok jadi lebih saving." ungkap ghinafau.