Brilio.net - Dinding jadi salah satu komponen yang harus diperhatikan saat membangun sebuah hunian. Pasalnya, dinding atau tembok rumah berfungsi untuk melindungi bagunan dari cuaca panas atau dingin. Selain itu, tembok rumah juga berfungsi sebagai pembatas antar ruangan dan meredam kebisingan.

Tembok dapat terbuat dari beberapa bahan, seperti papan kayu, anyaman bambu, batako, dan bata merah. Material batako dan bata merah jadi bahan yang paling sering digunakan untuk membuat tembok rumah. Prosesnya dimulai dengan material batako atau bata merah disusun sesuai dengan garis pemasangan.

Setelah itu, batako atau bata merah diplester dengan menggunakan semen dan dilapisi dengan cat rumah agar terlihat rapi. Namun, seiring dengan bertambahnya usia bangunan, biasanya struktur bangunan juga mulai mengalami kerusakan. Salah satu yang cukup sering terjadi adalah keretakan pada tembok.

Hal tersebut terjadi karena hilangnya kelembapan saat plester mengering dan mengeras sehingga terjadi penyusutan. Kalau tembok di rumahmu mengalami keretakan, kamu nggak perlu buru-buru membongkar tembok dan merenovasi ulang bangunan karena ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan struktur tembok tersebut.

Hal itu juga dilakukan oleh pemilik akun TikTok @rarafnp. Dia tampak membagikan trik untuk menambal tembok rumah yang mengalami keretakan dengan tambahan 1 bahan perekat.