Brilio.net - Dinding menjadi salah satu komponen penting saat membangun sebuah hunian. Dinding membentuk bangunan rumah dan berfungsi untuk melindungi bangunan dari cuaca panas atau dingin dan meredam kebisingan. Selain itu, tembok juga berfungsi sebagai pembatas antar ruangan yang ada di dalam rumah.

Maka dari itu, pembuatan tembok rumah cukup penting diperhatikan. Tembok dapat terbuat dari beberapa bahan tergantung tipe dan model rumah yang ingin dibuat. Ada yang membuat dinding dari papan kayu, anyaman bambu, bata merah, hingga batako.

Bata merah dan batako pun jadi bahan yang paling sering digunakan untuk membuat tembok rumah. Untuk membangun tembok rumah, bata merah atau batako disusun sesuai dengan bentuk rumah yang sudah diukur dan dirancang. Kemudian bata merah atau batako diplester menggunakan semen dan dilapisi dengan cat rumah agar terlihat rapi.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia bangunan rumah, biasanya struktur bangunan mulai mengalami kerusakan. Salah satu yang paling sering terlihat adalah tembok yang mengelupas. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor kelembapan ruangan hingga campuran material bangunan yang kurang tepat.

Nah, kalau kamu mengalami permasalahan yang serupa, kamu nggak perlu cemas karena ada cara mudah untuk menambal tembok yang mengelupas dengan menggunakan tambahan 1 bahan perekat. Seperti yang dilakukan oleh akun TikTok @tukangkreasi.

cara tambal tembok rumah yang mengelupas © berbagai sumber

foto: TikTok/@tukangkreasi