Brilio.net - Dalam konteks acara khusus seperti pernikahan dan wisuda, makeup memiliki peranan yang sangat penting. Akan tetapi, meskipun kedua acara tersebut mungkin terlihat serupa dalam hal penampilan yang formal, terdapat perbedaan yang signifikan antara makeup wedding dan makeup wisuda.

Salah satu perbedaan terbesar antara makeup wedding dan makeup wisuda adalah konteks dan suasana acara itu sendiri. Pernikahan adalah momen romantis dan penuh kebahagiaan, sehingga makeup yang dipakai akan menekankan pada fitur wajah.

Di sisi lain, wisuda adalah peristiwa akademis yang menghormati pencapaian akademik. Makeup wisuda lebih sering menggunakan sentuhan yang lebih ringan dan segar, dengan fokus pada kecantikan alami dan tampilan yang lebih bersahaja.

Meskipun keduanya memiliki perbedaan, tapi bukan berarti seseorang tidak bisa tampil dengan makeup dramatis di hari wisuda, dan setiap pengantin boleh saja terlihat cantik dengan makeup natural.

Asalkan jangan meminta makeup akad, tapi harga paketan wisuda, ya. Karena selain bikin MUA jadi bangkrut, kamu jadi tidak menghargai keterampilan MUA dengan nilai yang pas.

Banyak sekali kasus dimana calon pengantin menyewa jasa MUA dengan mengambil paket wisuda, tapi sebetulnya makeup tersebut dipakai untuk acara akad atau pernikahan.

Tak jarang kasus ini membuat MUA kecewa dan marah. Karena selain dinilai klien tidak jujur, makeup wisuda dan akad itu memiliki perbedaan yang signifikan, walaupun riasan yang dipakai itu misalnya sama-sama tipis.

beda makeup wisuda akad © TikTok

foto: TikTok/@armanarmanoacademy

Seorang MUA lewat akun TikTok-nya di @armanarmanoacademy menunjukkan perbandingan makeup wisuda dengan akad dengan look yang sama yaitu natural. Makeup ini diaplikasikan pada satu wajah dengan sisi sebelah kanan itu untuk akad dan kiri untuk wisuda.

"kak aku mau akad, tapi makeup nya tipis aja, bisa gak harga nya di sama in harga makeup wisuda? - maaf kak tidak bisa, karena makeup nya beda," tulis akun @armanarmanoacademy, pada Selasa (4/7).

beda makeup wisuda akad © TikTok

foto: TikTok/@armanarmanoacademy