Brilio.net - Haji merupakan rukun Islam kelima bagi seorang muslim. Ibadah haji umumnya dilaksanakan pada bulan Syawal sampai Hari Raya Idul Adha. Pada waktu itu, umat Islam dari seluruh dunia akan berbondong-bondong ke Tanah Suci.

Tak terkecuali para jemaah haji dari Tanah Air. Baru-baru ini, viral video jemaah haji asal Sulawesi Selatan yang sudah kembali ke Tanah Air. Pasalnya, jemaah asal Sulawesi Selatan tersebut pulang dengan gaya yang mencolok.

Video yang diunggah akun TikTok @ravidhams itu menunjukkan suasana di dalam pesawat yang tengah mengangkut jemaah haji tersebut. Kondisi di dalam pesawat tersebut tampak ramai oleh wanita yang tengah berdandan. Mereka bersiap dengan memakai busana adat dan makeup.

Tidak seperti jemaah haji pada umumnya yang memakai gamis atau pakaian serba putih, mereka justru mengenakan baju adat Bugis. Tak hanya itu, mereka bahkan memakai berbagai perhiasan emas yang besar dan mencolok.

"Jamaah Haji Bugis Makassar gak ada lawan bestie wkwkwk," kata pengunggah video seperti dikutip brilio.net, Selasa (2/8).

Jamaah haji Bugis pulang pakai busana adat © TikTok/@ravidhams

foto: TikTok/@ravidhams

Mereka pun dengan percaya diri menunjukkan perhiasan emas yang tampak mencolok itu. Tak cuma perhiasan, mereka pun memakai busana warna-warni yang cerah seperti hijau, fuschia, dan silver. Busana mereka pun tampak mewah dengan detail payet yang dibordir.