Brilio.net - Merintis bisnis merupakan langkah berani yang penuh dengan peluang dan tantangan. Bagi mereka yang memiliki hasrat dan visi kuat, memulai bisnis bisa menjadi peluang untuk mengubah impian menjadi kenyataan. Namun, perjalanan ini memerlukan pemahaman mendalam tentang pasar, persiapan yang matang, serta kesiapan mental untuk menghadapi lika-liku dunia bisnis yang dinamis dan kompetitif.

Dalam merintis bisnis, kamu perlu melengkapi diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan industri yang akan dijalani. Ini melibatkan riset menyeluruh tentang target pasar, kompetitor, dan tren yang sedang berlangsung. Dengan pemahaman yang kuat tentang lingkungan bisnis, kamu dapat mengidentifikasi celah dan peluang yang dapat diambil.

Poin lain yang harus disiapkan yaitu modal. Modal memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Modal merujuk pada sumber daya finansial yang dibutuhkan untuk menjalankan operasional bisnis. Berapa besar modal yang diperlukan untuk memulai bisnis itu tergantung dengan jenis usaha yang akan dikembangkan. Ada yang modal usaha besar, tapi keuntungan dan risiko yang didapat juga sebanding.

Nah, bicara soal modal usaha, seorang wanita asal kampung menjajal berbisnis dengan berjualan baju. Kala itu modal awal yang dikeluarkan yaitu Rp 300 ribu, dan dalam waktu 1 tahun uang Rp 300 ribu bisa untung Rp 10 miliar. Bagaimana bisa?

bisnis omset miliaran © TikTok

foto: TikTok/@triwahyuds

Brilio.net melansir dari TikTok @triwahyuds pada Kamis (31/8), wanita bernama Tri Wahyuni memulai berbisnis pada tahun 2017. Saat itu usianya masih kepala dua dan memantapkan langkah untuk berjualan baju. Dia memulai dengan menjadi dropshipper dengan modal Rp 300 ribu.