Brilio.net - Menjadi seorang perempuan yang merantau di wilayah orang lain jelas mempunyai kesulitannya tersendiri. Tidak selalu mudah untuk menaklukkan setiap tantangan dan cobaan yang ada. Namun begitu, merantau bisa memberi pengalaman berharga dan menghadirkan kesuksesan hasil dari kerja keras.

Hal inilah kiranya yang dirasakan oleh Aulia Putri Meidina, seorang wanita yang meninggalkan kampungnya di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat untuk mengadu nasib di Kota Pelajar, Yogyakarta. Meskipun kini sukses bekerja sekaligus berkuliah di UGM sebagai penerima LPDP, kisah perjalanan hidup Aulia tidaklah mulus-mulus saja. 

Perjalanan Aulia merantau dimulai ketika ia mendapat kabar diterima di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 2016 lalu. Selama berkuliah, Aulia tidak ingin membebani orang tuanya dengan biaya kuliah yang notabene jelas cukup besar. 

Oleh karena itu, melalui usahanya, ia berhasil mendapatkan beasiswa penuh selama studinya di UIN Sunan Kalijaga tersebut. Selain itu, Aulia juga berusaha menghidupi dirinya dengan bekerja mengajar di berbagai tempat bimbingan belajar hingga menawarkan jasa belajar privat. "Dulu awalnya uni mencari uang dengan banyak mengajar di lembaga-lembaga orang lain hingga dari rumah ke rumah," tuturnya. 

Karena perjuangan tak kenal lelah selama kurang lebih 4 tahun, usaha Aulia ini banyak yang berbuah yang manis. Tidak hanya lulus dengan predikat cumlaude, ia juga berhasil menerima beasiswa LPDP dari pemerintah sehingga dapat melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Gadjah Mada saat ini. "Awalnya sebenarnya pengin melanjutkan studi ke luar negeri, tapi setelah berdiskusi juga dengan orang tua, akhirnya di dalam negeri saja,” tuturnya.