Brilio.net - Merantau ke tempat yang jauh demi menuntut ilmu bukan menjadi hal baru lagi. Jarak rumah dan tempat kuliah yang cukup jauh kadang membuat mahasiswa rantau jarang pulang ke rumah. Butuh waktu khusus untuk bisa pulang dan berkumpul bersama keluarga. Selain permasalahan jarak, ternyata mahasiswa rantau pun sering merasakan hal yang berbeda saat dia kembali ke kampung halaman, apa saja itu?

1. Kamar sudah dialih fungsikan

Bagi para mahasiswa rantau, maka siap-siaplah saat kembali ke rumah kamarmu sudah diakuisisi alias dialih fungsikan. Seringkali kamarmu mendadak menjadi penampungan sementara barang-barang tak terduga.  Ya, risiko menjadi perantau apalagi hanya setahun sekali kamu mudik. Sedih nggak sih? tapi tidak masalah yang penting ada di rumah dan kumpul bareng keluarga.

2. Barang-barang sudah ada yang hilang

Hal berikutnya yang pasti dirasakan mahasiswa rantau saat pulang ke kampung halaman. Barang-barang lama udah hilang entah kemana perginya, misalnya saja meja belajarmu sudah diloakin sama Ibu atau baju-baju lamamu sudah disumbangkan. Ikhlas memang enggak gampang, apalagi kalau barang-barangnya punya kenangan tersendiri.

Loading...

3. Tetangga mulai lupa

Kamu mahasiswa rantau juga harus kuat mental kalau balik ke rumah, karena bisa saja tetangga sudah lupa sama kamu. Kamu harus memperkenalkan diri dari awal.  Hal ini sering terjadi saat teman-teman ibumu kumpul dan tiba-tiba kamu datang dan mereka lupa nama kamu. Ya, siapkan diri aja.

4. Dimusuhin ponakan

Bagi kamu yang sudah punya ponakan atau sepupu di rumah yang usianya masih balita atau di bawah 8 tahun, maka kamu harus bersiap diri saat kamu pulang ke rumah ponakan atau sepupumu menjadi musuh kamu.

Anak-anak cenderung akan cepat lupa terhadap wajah orang yang jarang dilihatnya dan mawas diri terhadap orang yang baru ditemuinya. Jadi, jangan heran kalau kamu pulang ke rumah ponakanmu malah ngeliat kamu seperti orang asing. Kamu butuh beberapa hari untuk bisa kembali akrab dengan ponakanmu.

5. Canggung ketemu teman lama

Tidak hanya lingkungan rumah saja, permasalahan berikutnya yang akan dijumpai mahasiswa rantau saat kembali ke rumah adalah perihal teman-teman lama. Tidak jarang dari kita yang biasanya lupa siapa nama teman-teman yang kita jumpai, entah itu teman sekolah ataupun tetangga. Lupa nama adalah sesuatu yang sangat sering terjadi. Wajar, jika kamu sering merasa canggung saat bertemu teman lama.

Itu dia 5 hal yang berbeda yang sering dirasakan oleh rantau saat kembali ke kampung halaman. Kamu harus siap-siap menghadapi 5 kenyataan tersebut. Kendati demikian hal tersebut tidak dapat mengalahkan kebahagian kembali ke kampung halaman dan bertemu sanak saudara serta teman masa sekolah kan?