Brilio.net - Kamu pasti sering mendengar orang ngeluh nggak punya jiwa kreatif karena memang nggak ada bakatnya dari sono. Padahal nih, menurut penelitian Carol Dweck dari Stanford University, seseorang yang pintar dan kreatif berkat usaha dan kerja keras mereka dalam memanfaatkan potensi diri, bukan bawaan sejak lahir. Jadi, kalau kamu berpikir tidak memiliki kreativitas, justru akan memenjarakan potensi diri lho. Sayang banget kan kalau gara-gara merasa minder lalu jadi nggak mau mengasah potensi diri?

Semua orang punya kesempatan untuk berkreasi dan berkarya, mulai dari remaja hingga orang tua. Lalu gimana sih caranya memacu kreativitas agar bisa menjadi sebuah karya?

Sebenarnya sih, banyak cara sederhana yang bisa kamu lakukan buat memacu kreativitas. Termasuk kebiasaan sederhana yang selama ini dianggap sepele.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/8), enam cara sederhana yang bisa jadi pemicu kreativitasmu agar jadi creator. Kalau mau beneran jadi creator dengan kreativitas tanpa batas, yuk coba terapkan kebiasaan sederhana berikut ini!

1. Bangun lebih pagi.

6 cara sederhana ini bisa picu kreativitasmu jadi creator berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Dengan bangun lebih pagi dan nggak bermalas-malasan di tempat tidur, menandakan kamu bisa menggunakan waktu semaksimal mungkin. Kamu bisa memanfaatkan waktu untuk mencari ide baru atau mengulas kembali ide yang sudah ada.

Selain itu, dengan bangun lebih pagi memungkinkan kamu menikmati udara yang masih segar sehingga membantu pikiran lebih fresh. Eits, selain harus membiasakan bangun lebih pagi, perhatikan juga jam tidurmu ya. Pastikan kamu tidur minimal 6-8 jam untuk mendapatkan kembali energi memulai hari.

2. Disiplin waktu.

6 cara sederhana ini bisa picu kreativitasmu jadi creator berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Banyak yang bilang jika orang yang kreatif lazimnya tidak terpaku pada jadwal. Padahal pemahaman tersebut salah kaprah lho. Apa pun profesimu dan kegiatanmu, merancang jadwal kegiatan dan menerapkan disiplin waktu merupakan hal yang sangat penting.

Dengan disiplin waktu, kamu menjadi sangat menghargai waktu, bahkan satu menit pun sangat krusial. Bayangkan jika kamu ogahan-ogahan mengikuti jadwal yang sudah kamu buat sendiri, semua urusan bisa terbengkalai bukan? Jika sudah seperti itu, lalu kapan ide fantastismu akan terealisasi?

3. Berdiskusi dengan banyak orang.

6 cara sederhana ini bisa picu kreativitasmu jadi creator berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Berinteraksi dan berdiskusi dengan creator lainnya juga sangat penting buat perkembangan kreativitasmu. Proses diskusi akan memberimu banyak masukan dari sudut pandang yang berbeda. Bingung gimana caranya ketemu creator lainnya?

Kamu bisa memanfaatkan AXIS POP UP STATION yang menjadi wadah buat anak muda Indonesia dari berbagai kalangan untuk bertemu, berinteraksi, bahkan bisa saja berkolaborasi membuat sebuah karya lho.

Di AXIS POP UP STATION ini kamu bisa mengikuti beragam kegiatan menarik untuk mengembangkan kreativitasmu, seperti sharing session, talkshow KOL, workshop, sampai mengunjungi beberapa zona menarik lainnya.

Menariknya, AXIS POP UP STATION ini diselenggarakan dari Agustus hingga November di 9 kota di Indonesia lho, yaitu Jakarta, Makassar, Jember, Pekanbaru, Bandung, Banjarmasin, Malang, Medan, dan Yogyakarta. Hadirnya AXIS POP UP STATION ini menghapus ketakutan para creator selama ini mengenai karya yang basi atau momentum yang hilang akibat kurangnya wadah kolaborasi. Untuk info lebih lengkap yuk langsung cek di sini.

4. Manfaatkan media sosial buat update isu kekinian.

6 cara sederhana ini bisa picu kreativitasmu jadi creator berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Hari gini masih makai media sosial cuma buat stalking mantan atau sebatas upload foto selfie doang? Duh, sayang banget deh ya. Padahal nih, banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari main media sosial lho. Misalnya nih, kamu memanfaatkannya buat update seputar informasi terbaru yang lagi hangat. Update isu kekinian ini penting dan berguna buat mengembangkan ide. Nggak mau kan idemu terbuang sia-sia karena basi dan nggak sesuai dengan perkembangan zaman?

5. Tulis semua di jurnal.

6 cara sederhana ini bisa picu kreativitasmu jadi creator berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Apa pun passionmu, jika kamu memiliki ide kreatif jangan sungkan untuk segera menuliskannya di jurnal. Seremeh apa pun idenya pastikan untuk selalu mencatatnya ya.

Merekam percikan ide bisa menjadi dasar dari kreativitas yang besar lho. Ingat ya, jangan pernah meremehkan kekuatan ide sekecil apa pun itu. Kalau perlu sih, selalu bawa smartphone atau buku jurnal agar gampang mencatat ide yang tiba-tiba muncul kapan pun dan di mana pun.

6. Berpergian ke tempat lain.

6 cara sederhana ini bisa picu kreativitasmu jadi creator berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Stuck di satu tempat pasti pernah dirasakan semua orang. Apalagi jika melakoni rutinitas yang sama setiap hari. Nggak heran, banyak creator yang mengalami hambatan karena setiap hari terjebak di tempat yang sama.

Untuk itu, sesekali usahakan untuk berpergian ke tempat lain dan rasakan suasana baru di sana. Perubahan lingkungan bermanfaat untuk produktivitas dan kreativitas lho. Dengan mengunjungi tempat yang berbeda, bukan tidak mungkin akan menambah wawasan dan memunculkan inspirasi baru.

Nah, udah tahu kan cara sederhana buat memicu kreativitas agar bisa jadi creator? Saatnya kamu mempraktikannya nih, Sobat Brilio. Selamat mencoba dan ditunggu hasil karyanya, ya!