Brilio.net - Handuk merupakan benda yang dibutuhkan setelah selesai mandi. Namun, kadang-kadang handuk yang sering dipakai justru timbul jamur serta noda hitam. Hal ini terjadi karena handuk sering terkena keringat, air, dan sisa-sisa kulit yang dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan jamur.

Jika handuk tidak dicuci dengan benar atau terlalu sering digunakan tanpa dicuci, maka dapat menyebabkan pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu jenis jamur yang sering ditemukan pada handuk adalah jamur dermatofit, yang dapat menyebabkan infeksi kulit seperti kurap dan kadas.

Jika sudah begitu, handuk akan sulit dicuci. Pasalnya, jamur dan bakteri dapat tersembunyi dalam serat kain yang sulit dijangkau.

Nah, untuk membasmi noda hitam dan jamur tersebut, ada beberapa cara khusus yang bisa dilakukan bagi para emak-emak di rumah nih. Cara ini pun dibagikan oleh salah satu warganet melalui akun TikTok @alfarizki_2221.

Sebelum mencuci, ada dua bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Dua bahan ini adalah micin dan cuka. Tapi pertama-tama, kamu perlu membasahi handuk yang akan dicuci terlebih dulu.

cara ampuh bersihkan handuk yang berjamur © TikTok

foto: TikTok/@alfarizki_2221