Brilio.net - Jam merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai penunjuk waktu. Jam dapat membantu manusia mengetahui waktu, sehingga waktu yang digunakan untuk beraktivitas berjalan efektif. Selain itu, jam juga berfungsi sebagai pengukur waktu sehingga manusia dapat memperkirakan waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu.

Jam dinding dan jam tangan menjadi jenis jam yang paling sering digunakan di keseharian. Sesuai dengan namanya, jam dinding biasanya dipasang di bagian tembok sebuah ruangan. Ukuran jam dinding juga lebih besar daripada jam tangan. Tujuannya agar jam dapat dilihat dari jarak agak jauh.

Berbeda dengan jam dinding, jam tangan lebih fleksibel untuk dibawa bepergian. Hal tersebut karena ukurannya yang lebih kecil dan ringan. Saat ini banyak sekali tipe dan model jam tangan yang digunakan manusia. Biasanya jam tangan terbuat dari bahan stainless steel, rubber, hingga kayu.

Bahkan belakangan banyak jam tangan yang dilengkapi dengan layar LED dan fitur touch screen atau yang dikenal dengan nama smart watch. Selain itu, kini jam tangan juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih bak ponsel. Selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam tangan juga berfungsi sebagai pelengkap fashion.