Brilio.net - Banyak sekali hal yang harus diperhatikan saat membangun sebuah rumah, salah satunya adalah bagian atap. Pasalnya, atap berfungsi sebagai pelindung dari cuaca panas atau dingin. Selain itu, atap juga berfungsi sebagai pelindung dari hujan atau risiko bahaya lainnya.

Sebagai pelindung, atap biasanya dibuat dari bahan yang kokoh dan tahan air, seperti seng, asbes, genteng beton, hingga genteng dari tanah liat. Sementara rangka atap biasanya dibuat dibuat dari material baja karena ringan, tahan karat, dan mudah dipasang. Selain diberi atap, bagian atas rumah juga biasanya diberi lapisan plafon.

Plafon berfungsi untuk menutup rangka atap agar rumah terlihat lebih rapi. Selain itu, plafon juga berfungsi untuk menahan kotoran dari bidang atap, menahan percikan air saat hujan, serta mengurangi paparan sinar matahari yang masuk dari atap.

Material yang biasa digunakan untuk membuat plafon adalah kayu, triplek, PVC, aluminium, dan gypsum. Plafon dari bahan gypsum banyak digunakan karena proses pemasangannya yang cepat. Selain itu, rumah dengan plafon yang tinggi dapat membuat ruangan terasa lebih sejuk dan terlihat lebih lapang.

Hal tersebut karena plafon yang tinggi akan membuat sirkulasi udara di rumah menjadi lebih baik. Namun, di balik suhu ruangan yang sejuk, terkadang proses pemasangan lampu pada rumah yang memiliki plafon tinggi cukup susah-susah gampang. Para pemilik rumah biasanya harus menggunakan bantuan tangga agar sampai ke plafon.

Selain menggunakan tangga, ternyata ada trik mudah yang bisa dilakukan untuk mengganti lampu di plafon rumah lho. Trik tersebut dibagikan oleh akun TikTok @muhammadfa.uzan. Dalam video tersebut, si pemilik akun membagikan langkah-langkah untuk membuat alat sederhana untuk mengganti dan memasang lampu di plafon rumah yang tinggi.