Brilio.net - Atap menjadi salah satu bagian terpenting dalam sebuah rumah. Pasalnya, atap berfungsi sebagai pelindung dari hujan atau paparan sinar matahari secara langsung. Terdapat beberapa jenis material yang biasa digunakan untuk atap rumah, seperti seng, asbes, hingga genteng dari tanah liat.

Sementara untuk bagian kerangkanya, banyak yang menggunakan material baja karena ringan, tahan karat, dan mudah dipasang. Selain diberi atap, bagian atas rumah juga biasanya diberi lapisan plafon, berfungsi sebagai lapisan yang membatasi tinggi ruangan.

Selain itu, plafon juga berfungsi untuk mencegah agar cuaca panas atau dingin tak langsung masuk ke rumah. Selain berfungsi sebagai pelindung, plafon juga berguna untuk menambah kesan estetik dalam sebuah hunian.

Terdapat banyak jenis plafon yang biasa digunakan, mulai dari bahan kayu, triplek, PVC, aluminium, dan gypsum. Plafon dari bahan gypsum pun banyak digunakan karena proses pemasangannya yang cepat. Selain itu, jenis plafon ini juga mudah diperbaiki jika mengalami kerusakan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan plafon rumah rusak, misalnya lembab dan berlumut, diserang rayap, dan masih banyak lainnya.

Hal itu juga yang dilakukan akun kanal YouTube Abdul Gypsum 2. Melalui unggahan videonya, dia membagikan trik mudah untuk menambal plafon rumah yang bolong dengan menggunakan barang bekas.

 cara perbaiki plafon yang bolong andalkan satu barang bekas © berbagai sumber

cara perbaiki plafon yang bolong andalkan satu barang bekas
YouTube/Abdul Gypsum 2

Dalam video yang diunggahnya, dia memperlihatkan salah satu sudut atap yang plafonnya bolong. Diketahui atap rumah tersebut menggunakan plafon dari bahan gypsum. Alih-alih mengeluarkan biaya besar untuk mengganti gypsum yang baru, si pemilik akun justru menambal plafonnya dengan menggunakan barang bekas.