Brilio.net - Furnitur atau perabotan kayu memang dianggap lebih unggul dibanding dengan furnitur berbahan plastik atau besi. Selain itu, furnitur kayu juga membuat tampilan di dalam rumah semakin terlihat lebih menarik dan elegan.

Namun, di balik semua keunggulan tersebut, ada satu hal yang mengancam kemegahan furnitur kayu. Ancaman tersebut tidak lain adalah rayap.

Rayap adalah serangga atau hama kecil bertubuh lunak pucat yang juga dikenal sebagai serangga perusak kayu. Untuk bertahan hidup, rayap membutuhkan selulosa yang ada di rumah seperti furnitur kayu, jendela kayu, pintu kayu, dan lainnya.

Bisa dikatakan, rayap merupakan musuh terbesar perabotan rumah karena serangga ini tidak akan berhenti makan meskipun mereka sudah menimbulkan kerusakan. Tak hanya berpotensi dapat membahayakan keselamatan perabotan rumah, rayap juga memberikan dampak bagi manusia. Umumnya ada 2 jenis rayap yang dapat ditemukan di dalam rumah, yaitu rayap tanah dan rayap kayu kering.

Dilansir oleh Go2-pros.com, rayap dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi penghuni rumah, seperti alergi, asma, dan infeksi. Rayap menghasilkan kotoran, sayap, dan tubuh mati yang dapat menyebar di udara dan menyebabkan iritasi pada kulit, mata, hidung, dan tenggorokan. Rayap juga dapat membawa bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi pada luka atau gigitan.

Sebagai cara untuk mencegah rayap di rumah, biasanya orang-orang memilih menggunakan kapur barus. Kapur barus memiliki aroma kuat dan khas yang tidak disukai oleh rayap dan serangga lainnya, sehingga dapat mengusir mereka dari rumah. Selain itu, kapur barus juga dapat mengurangi kelembapan di dalam rumah, yang merupakan salah satu faktor penyebab rayap berkembang biak.

Tapi kalau tidak punya kapur barus di rumah, jangan khawatir. Kamu bisa kok pakai cara lainnya, seperti yang dibagikan oleh akun TikTok @skill.rumahan, dilansir brilio.net pada Rabu (15/11).