Brilio.net - Makeup sudah jadi rutinitas harian bagi wanita. Dengan bantuan kosmetik, wanita dapat mengekspresikan cantik versi mereka, meningkatkan rasa percaya diri, dan menciptakan penampilan yang menarik. Namun, seperti halnya setiap seni, keahlian dalam berdandan juga memerlukan perhatian dan pengetahuan yang tepat.

Salah satu hal yang perlu dihindari ketika makeup adalah tampilan yang bisa membuat kamu tampak tua dari usia sebenarnya. Meskipun berdandan bisa membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan, tetapi tanpa teknik yang tepat, beberapa kesalahan kecil dalam makeup justru bisa mengakibatkan wajah kamu terlihat dempul.

Look natural sangat membantu membuat wajah seseorang jadi tambah muda. Tentu dengan pengaplikasian yang sesuai, wajah kamu bisa tambah memesona dengan dengan beberapa polesan saja. Kali ini akun TikTok @gendhismo akan membandingkan makeup medok versus natural yang 180 derajat berbeda.

beda makeup natural vs medok © TikTok

foto: TikTok/@gendhismo

"Sering dan banyak banget aku nemuin komen-komen 'kak kenapa ya aku kalau makeup jadi tambah tua?'. Saatnya perbandingan, untuk produk yang aku pakai ini sama, mungkin ada trik yang mungkin kalian belum tahu," ujarnya dalam video, dikutip dari TikTok @gendhismo.

Salah satu kesalahan umum yang sering membuat tampilan makeup gagal yaitu tidak ada skin preparation. Misalnya menggunakan pelembap atau serum sebagai base makeup. Skin preparation juga nggak perlu berlebihan kalau nggak mau makeup-nya tidak menyatu kulit dengan sempurna.

beda makeup natural vs medok © TikTok

foto: TikTok/@gendhismo

Kesalahan lainnya yaitu menggunakan produk foundation berlebihan dengan cara teknik diusap. Penggunaan kontur wajah juga membantu wajah menjadi berdimensi. Begitu juga dengan blush dalam sebelum di-cover bedak.

Sementara kalau kamu melewati penggunaan kontur dan blush, itu akan membuat makeup kamu terlihat kaku dan pucat. Karena tidak ada warna lain selain, foundation yang menempel.

beda makeup natural vs medok © TikTok

foto: TikTok/@gendhismo