Bentuk alis yang terlalu tebal tanpa ada gradasinya membuat look bisa gagal. Sebaiknya gambar alis mulai dari bagian tengah menuju ke ujung. Isi bagian yang kosong dengan pensil alis, baru diratakan menggunakan spoolie brush.

Kesalahan lain yang membuat makeup jadi tambah tua dan medok, yakni langsung mengaplikasikan palette eyeshadow di kelopak mata. Jika ingin warna yang soft, usai mengambil produknya dari palette, kamu bisa meratakan lebih dulu di tisu ataupun tangan. Supaya warna yang dikeluarkan tampak natural. Pakai teknik blending supaya pencampuran warna eyeshadow nggak patah.

beda makeup natural vs medok © TikTok

foto: TikTok/@gendhismo

Momo juga menjelaskan penggunaan eyeliner juga amat penting. Jangan pakai eyeliner dari depan ke belakang, tapi dari tengah ke belakang. Supaya eyeliner yang dihasilkan nggak berantakan.

Nah, ini dia perbandingan makeup medok terlihat tua dengan natural. Sebelah kanan meski makeup-nya nggak terlalu kelihatan, tapi hasilnya tetap memesona dan enak dipandang.

Sementara satunya lagi tampak cetar hanya saja terlalu kaku dan pucet. Wajah tidak berdimensi karena pemakaian kontur yang dilewatkan. Bagaimana menurut kamu?

beda makeup natural vs medok © TikTok

foto: TikTok/@gendhismo

Video yang diunggah pada tahun 2022 ini sudah ditonton lebih dari 11,2 juta kali oleh pengguna TikTok. Beragam komentar juga ditinggalkan warganet di postingan tersebut.

"gimana dgn gua yg mukanya bnyak bekas jerawatnya bisa semulus itu kgak klo fondinya," kata Novia sari lubis.

"ak kalo di make up in mukanya kek tua, pas make up sendiri bagus bagus aja sesuai usia. emg yg paling tau buat muka sendiri ya diri sendiri ," komentar _strwbrryoghurt.

"wehh pake eyeshadow nya yng bagian salah aku bngtt," ujar siHann.

"udah nntn berkali-kali cara make up tetep aja susah," imbuh Marisa Fitriani.

@gendhismo Simak videone ben tambah pinter le makeup an … happy weekend bestaiii #tutorialmakeup #kesalahanmakeup #kesalahanmakeupyangseringdilakukanpemula #makeuptransformation #makeupchallenge suara asli - Gendhis Momo