Brilio.net - Beragam jenis tanaman hias dapat memberikan kesan enak dipandang dan memberikan nuansa segar pada hunian. Nah jika halaman depan rumah ataupun pekaranganmu masih polos, tak ada salahnya memilih tanaman hias daun merambat.

Tanaman hias ini bisa menjadi dekorasi pagar rumah yang bisa memberikan kesan keindahan. Selain daunnya, ada juga tanaman hias daun merambat yang memiliki bunga berwarna dan wangi.

Ada banyak jenis tanaman hias merambat, baik ditanam merambat di dinding maupun atap pergola yang bisa dipilih sesuai kebutuhan desain rumah. Bahkan ada pula yang bisa dijadikan pajangan untuk dekorasi indoor.

Karena tanaman hias daun merambat memiliki karakteristik cenderung tumbuh dengan cepat, perlu diperhatikan dan dilakukan pemangkasan rutin agar terlihat indah. Kamu bisa memangkas bagian ranting dan juga bagian tanaman yang kering. Nah, setelah itu kamu bisa mengatur ulang letak pertumbuhannya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Meski cukup mudah dalam perawatan, tetap harus menjaga kelembapan media tanahnya agar tidak kering. Berikut rekomendasi beberapa tanaman hias daun merambat, cantik dan mudah ditanam, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/2).

1. Sirih gading.

Tanaman hias daun merambat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@garden_beautiful77

Tak ada salahnya menjadikan sirih gading sebagai pilihan tanaman hias daun untuk dekorasi rumah. Sirih gading atau Epipremnum aureum ini termasuk dalam suku talas-talasan. Tanaman ini berwarna hijau dan daunnya berbentuk hati.

Menariknya, sirih gading memiliki corak daun yang cantik dan memiliki variasi warna yang beragam, dari kuning cerah sampai kuning pucat. Dengan meletakkannya di dalam ruangan akan memberikan nuansa asri di hunianmu. Nah, soal perawatan dan cara menanam, tanaman ini cukup mudah dan tidak ribet.

2. Morning glory.

Tanaman hias daun merambat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@pesona_tanaman

Tanaman hias daun merambat selanjutnya yakni morning glory. Daun tanaman ini berbentuk hati dan dan memiliki variasi warna bunga yang beragam.

Tanaman morning glory memiliki makna, pagi yang mulia, di mana akan mekar setiap pagi dan mengeluarkan aroma wangi yang khas. Dengan bunganya yang cantik kamu bisa menanamnya di dekat pagar halaman agar dapat memperindah hunian.

Menariknya, bunga morning glory akan berwarna ungu bila ditanam di daerah yang intens terkena sinar matahari. Namun, jika ditempatkan di daerah minim cahaya matahari, warna bunganya biru.

3. Climbing hydrangea.

Tanaman hias daun merambat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tamlinlab

Tanaman climbing hydrangea ini merambatnya sangat berat, sehingga membutuhkan sesuatu yang kokoh untuk dipanjat. Seperti tembok, pohon ataupun struktur pendukung lainya.

Tanaman ini pun menawarkan bunga putih krem sepanjang musim panas. Hydrangea anomala varian petiolaris cocok dijadikan sebagai penutup alami area terbuka di sekitar rumah dengan bentuk daunnya yang unik layaknya hati.

4. Zebrina pendula.

Tanaman hias daun merambat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@happily.ever.after.plants

Zebrina pendula memiliki penampakan fisik loreng yang terkadang membuat sebagian orang menyebutnya sebagai tanaman hias rumput belang. Tanaman ini mudah dijumpai dan dijual sebagai tanaman hias.

Pola warna daunnya ada tiga warna yakni abu abu kehijauan, abu abu kebiruan, dan bagian tengah biru kehijauan dan berwarna lebih gelap. Sangat tepat jika menggunakan tanaman hias daun merambat ini sebagai ornamen pemberi rasa sejuk ruangan.

5. Common ivy.

Tanaman hias daun merambat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@just.plantsnshit

Tanaman hias daun merambat selanjutnya yakni common ivy. Tanaman ini bisa tumbuh di dalam pot, diletakkan di tanah, hingga tanaman merambat dan gantung. Sehingga tanaman ini cocok untuk menghiasi pagar rumah.

Common ivy dapat tumbuh dengan baik dalam cahaya terang dan tidak langsung. Tanaman ini termasuk tanaman kuat, sehingga cukup mudah dalam perawatan.

6. Sirih merah.

Tanaman hias daun merambat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ikko_planting

Selain sebagai tanaman hias daun, sirih merah (Piper crocatum) merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Sirih merah tumbuh merambat di pagar atau pohon.

Ciri khas tanaman ini adalah berbatang bulat, berwarna hijau keunguan dan tidak berbunga. Daunnya bertangkai membentuk jantung dan bagian ujung daun meruncing.

Sementara permukaan daunnya mengilap dan tidak rata. Nah, jika kamu mencari tanaman hias yang juga bisa bermanfaat sebagai obat, sirih merah ini bisa jadi pilihan.

7. Syngonium.

Tanaman hias daun merambat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@godongmulyo

Terakhir ada tanaman hias daun syngonium. Tanaman ini beberapa tahun terakhir cukup tren dan diburu pencinta tanaman. Syngonium masuk dalam varietas Caladium.

Tanaman syngonium memiliki daun berbentuk berlian yang tumbuh secara merambat, serta warna yang beragam. Jenisnya mulai dari syngonium variegata, syngonium pink splash, syngonium mojito dan banyak lainnya.

Syngonium menyukai sinar matahari yang tersebar atau teduh parsial. Dari sinar matahari langsung, beberapa varietas kehilangan kecerahan mereka, dan pada saat yang sama defisiensi yang menyebabkan degenerasi daun.