Brilio.net - Pencinta tanaman hias tentunya sudah tidak asing dengan dengan aglonema rotundum. Tanaman hias satu ini berbeda dari kebanyakan aglonema yang berdaun lebar, rotundum berdaun relatif lebih mungil. Jenis ini merupakan khas Indonesia dan banyak ditemukan di Sumatera Utara dan Aceh.

Tak seperti harga beberapa aglonema lainnya yang mencapai jutaan rupiah, aglonema rotundum terbilang cukup murah. Harganya berkisar dari Rp 5 ribu hingga ratusan ribu. Aglonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang keindahannya dilihat dari daunnya. Sama halnya dengan aglonema rotundum Aceh. Jenis satu ini terbilang unik karena berbeda dari beberapa jenis spesiesnya.

Harga bunga aglonema rotundum Aceh Instagram

foto: Instagram/@kebuncimit

Dilansir dari berbagai sumber, Gregori Garnadi Hambali atau yang akrab dengan sapaan Greg Hambali, seorang peneliti dan penghulu tanaman hias ternama, menggunakan rotundum yang dikawin silangkan dengan aglonema jenis Commutatum untuk menghasilkan aglonema jenis baru. Hingga akhirnya lahir aglonema merah pertama yang fenomenal, Pride of Sumatera.

Loading...

Sebenarnya aglonema merupakan tanaman yang sudah lama ada di Indonesia. Sebelum nama aglonema ngetren, orang Indonesia mengenal beberapa spesies dari aglonema dengan sebutan sri rejeki. Sejak Gregori Garnadi Hambali melakukan penyilangan hingga menghasilkan jenis baru, sejak saat itulah masyarakat mulai menyukai tanaman hias ini.

Berbicara mengenai aglonema rotundum Aceh, kamu harus tahu nih bagaimana cara merawatnya. Yuk simak, berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Senin (22/2).

1. Hindari dari paparan sinar matahari secara langsung.

Kamu harus menempatkan aglonema rotundum di tempat yang teduh. Hal ini dilakukan agar aglonema rotundum tumbuh subur, indah, dan juga keindahan daunnya tetap terjaga. Jadi kamu bisa meletakkannya di tempat yang teduh seperti teras rumah. Disarankan, untuk memutar posisi tanaman sekitar 1-2 bulan sekali agar mendapatkan pencahayaan yang rata.

2. Frekuensi penyiraman yang benar.

Sama dengan jenis aglonema lainnya, aglonema tidak baik jika disiram setiap hari. Jika terlalu sering menyiramnya, maka akan membuat batangnya menjadi busuk. Oleh karena itu sebaiknya siramlah dalam jangka waktu 2-3 hari sekali untuk menjaga agar media tanam tetap basah agar suplai air dan nutrisi sang ratu daun tetap terjaga.

3. Memangkas daun yang layu.

Agar daun aglonema rotundum terlihat indah, maka kamu perlu memperhatikannya. Salah satu caranya adalah memangkas daun yang layu. Dengan begitu dain kembali terlihat segar dan indah.

4. Rajin mengelap daunnya.

Mengelap daun aglonema sangat penting, hal ini untuk menjaga corak dan warnanya tetap terlihat indah. Jika daun aglonema yang dibiarkan berdebu dapat mengundang penyakit, bakteri yang menempel dapat merusak keindahan daun.