Brilio.net - Membuat hunian rumah menjadi lebih cantik dan hidup dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan menggunakan tanaman hias daun. Tak hanya mempercantik, namun juga dapat memberikan aksen sejuk dan udara segar alami. Tanaman hias yang ada di rumah tanpa disadari juga dapat menghilangkan stres dan menyegarkan mata. Apalagi warnanya juga bervariasi.

Saat ini tanaman hias pun banyak macamnya dari segi bentuk, ukuran dan juga warnanya. Nah, jika kamu tengah mencari tanaman hias daun yang cantik, tanaman hias daun warna hijau putih bisa jadi pilihan. Sebab warna hijau saja sudah terlalu dianggap biasa. Hal inilah yang pada akhirnya membuat banyak masyarakat mengoleksi tanaman berdaun warna-warni, termasuk warna perpaduan hijau putih.

Mengenai perawatan dan sebelum mengoleksinya di sudut ruang, pahami terlebih dulu seberapa besar asupan cahaya dan air yang dibutuhkan. Misalnya jika tanaman tersebut membutuhkan cahaya terang, bisa ditaruh di dekat jendela menghadap ke selatan.

Berikut jenis tanaman hias daun hijau putih, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (18/2).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Calathea flamestar.

Tanaman hias daun hijau putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@lihatkebunnona

Tanaman hias daun hijau putih yang pertama ada calathea flamester. Tanaman asli Amerika Selatan tersebut kini mulai banyak digunakan sebagai hiasan rumah. Calathea flamestar ini memiliki warna daun hijau muda dengan corak garis seperti sapuan sebuah kuas.

Di ujung daun terdapat garis-garis halus warna hijau yang membingkai permukaan daun. Warna yang umumnya muncul di daun calathea jenis ini adalah warna hijau dan putih kekuningan.

2. Aglonema super white.

Tanaman hias daun hijau putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@laderi.plants

Aglonema merupakan tanaman hias daun yang relatif mudah dirawat. Corak dan warnanya yang unik dan beragam membuat para pecinta tanaman memburu tanaman ini.

Salah satu yang menarik yakni jenis aglonema super white yang memiliki daun yang bulat, besar dan cukup tebal. Perpaduan warna daunnya sangat cantik dan calm, dengan putih pucat kekuningan dan pinggiran berwarna bercak hijau.

3. Keladi putih white christmas.

Tanaman hias daun hijau putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@urban.r00ts

Keladi putih white christmas jadi salah satu jenis tanaman hias daun yang dipilih banyak orang. Dari segi penampilan kamu akan mudah mengenalinya. Tampak warna putih menyelimuti daun keladi ini.

Semakin segar lagi, juga ada perpaduan warna hijau pada bagian urat daun. Hal ini akan semakin memperindah tampilan rumahmu dengan adanya keladi putih white christmas. Uniknya sebagian orang juga menyebut tanaman ini sebagai angel wings.

4. Lili paris.

Tanaman hias daun hijau putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@farahplants

Pasti kamu tak asing dengan tanaman hias lili paris atau yang juga dikenal dengan sebutan bulu ayam. Hal ini karena daun tersebut berbentuk memanjang kecil bertepi putih dan beruas hijau.

Tanaman ini juga cocok digunakan sebagai dekorasi ruangan, apalagi lili paris ini juga tahan banting alias tidak repot dalam perawatannya. Kamu cukup menyiraminya saat media tanam mulai dingin.

5. Syngonium varigata putih.

Tanaman hias daun hijau putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@fadzizah.plant

Tanaman hias selanjutnya ada Syngonium varigata dengan dominasi warna putih. Nggak hanya warnanya saja yang unik dan cantik, bentuk daun dari tanaman ini juga menyerupai hati.

Jika dijadikan pajangan ruangan, tanaman ini akan membantu suasana lebih rileks dan segar setiap kali melihatnya. Kamu bisa meletakkannya  di dekat jendela, karena tanaman ini sangat menyukai cahaya matahari.

6. Wali songo.

Tanaman hias daun hijau putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kebun_aruna

Wali songo termasuk jenis tanaman hias yang memiliki fungsi menetralkan polusi udara dalam ruangan kamu. Bentuk daunnya bergerombol dan menjari dengan kombinasi warna hijau dan putih kekuningan.

Sehingga tanaman ini sangat unik dan  menarik untuk dipandang. Seperti tanaman hias lainnya, tanaman wali songo cukup mudah untuk dirawat. Penyiramannya bisa secara teratur dan penyemprotan pupuk cair ketika diperlukan.

7. Dracena milk.

Tanaman hias daun hijau putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@riekargarden

Tanaman hias daun dracena milk memiliki warna cukup mencolok karena terdiri dari dua warna. Pada bagian tengah, berwarna putih cenderung cream, dan di tepiannya hijau pekat.

Warnanya cukup eksotis dan unik, sehingga tanaman ini cocok untuk menemani sudut rumah kamu. Selain itu tanaman dracena milk cukup tangguh lantaran dapat di tempatkan di dalam atau luar ruangan.

8. Monstera variegata.

Tanaman hias daun hijau putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@plantlovers.shop

Jenis monstera variegata ini memang jarang dijual di pasaran dibandingkan jenis monstera yang umum ditemukan. Keunggulan monstera jenis ini terlihat begitu unik lantaran daunnya terdiri dari warna hijau dan putih kekuningan yang tidak beraturan.

Dari segi ukurannya cenderung lebih kecil dibandingkan monstera deliciosa. Nah, kalau dari segi harga tanaman ini dibanderol cukup tinggi.

(brl/gib)