Brilio.net - Kamu tengah berburu tanaman hias untuk mempercantik hunian? Nah, tanaman hias daun hijau dapat dipilih untuk menambah keindahan serta nuansa sejuk dan segar baik di dalam ruangan ataupun pekarangan rumahmu. Tentunya ada beragam tanaman hias daun yang memiliki variasi warna hijau serta corak yang cantik.

Berbeda dengan tanaman hias bunga dan batang, tanaman hias daun ini memiliki daya tarik dari daunnya yang kehijauan, alami serta memiliki corak atau bentuk yang unik. Kini banyak tanaman hias daun yang digemari pecinta tanaman. Mulai dari harganya yang terjangkau hingga harganya yang terbilang tak masuk akal.

Nah, kamu tak perlu mengeluarkan kocek yang banyak, ada beberapa tanaman hias daun yang memiliki harga terjangkau.

Berikut rekomendasi 10 tanaman hias daun hijau yang bikin rumah makin sejuk dan segar, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (17/2).

1. Gelombang cinta.

Tanaman hias daun hijau Instagram © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@shafiyya_florist

Tanaman hias daun hijau yang pertama yakni gelombang cinta. Seperti namanya tanaman ini memiliki tekstur daun yang bergelombang dan cukup lebar.

Tumbuhan ini merupakan satu jenis Anthurium yang nama botaninya Anthurium plowmanii. Gelombang cinta juga termasuk tanaman yang cukup populer dan pernah menjadi tanaman hias termahal di Indonesia.

2. Calathea.

Tanaman hias daun hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@my.flowers.world_

Nah, Calathea bisa jadi salah satu pilihan tanaman hias daun untuk mempercantik dan menambah kesegaran ruanganmu. Tanaman hias  ini memiliki daun yang besar berpola warna-warni dalam nuansa hijau tua dan ungu.

Calathea tumbuh dalam rumpun, merupakan tanaman herbacepus menahun dengan batang lunak. Tanaman ini lebih menyukai tempat terang, namun daunnya sensitif terhadap sinar matahari.

3. Tanaman hias daun sirih gading hijau.

Tanaman hias daun hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mbah_uti_smr

Si cantik sirih gading hijau punya bentuk yang lebih kecil dibanding sirih gading lainnya. Meski begitu, jenis ini memiliki jumlah daun yang lebat.

Warnanya yang hijau tua polos, sirih gading hijau bisa kamu jadikan dekorasi di dalam rumah karena cocok di seluruh jenis warna ruangan. Untuk mendapatkan tanaman ini juga cukup mudah karena banyak di pasaran.

4. Kuping gajah.

Tanaman hias daun hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sobat.tandur

Tanaman kuping gajah memiliki warna hijau tua. Tanaman hias ini memiliki nama ilmiah Anthurium Crystallinum.

Uniknya tanaman kuping gajah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung sejumlah zat pada bagian batang dan daunnya seperti saponin, flavonida, dan tanin. Manfaatnya yakni sebagai obat penghilang stres, mengobati ginjal dan diabetes, serta dapat mencegah infeksi akibat kuman dan bakteri.

5. Daun suplir.

Tanaman hias daun hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kebun_aruna

Tentu kamu tak asing dengan tanaman hias daun hijau bernama suplir. Tanaman ini bahkan terkadang tumbuh bebas di sekitar tempat lembap.

Suplir ini tidak tahan terhadap paparan sinar matahari yang terik secara langsung. Warna hijau cerah dari daun suplir ini sangat cocok untuk dekorasi ruang tamu sehingga memberikan kesan segar dan alami.

6. Aglonema.

Tanaman hias daun hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@nayunt

Aglonema atau yang dikenal dengan sebutan tanaman hias sri rejeki, begitu digemari banyak orang. Sebab tanaman hias ini memiliki warna, ukuran dan bentuk yang beragam.

Bahkan, aglonema ini memiliki warna hijau yang beragam, seperti jenis aglonema nitidum, aglonema modestum, aglonema cutlass, aglonema emerald bay dan banyak lainnya. Tentunya dengan warna dan coraknya yang indah dapat mempermanis hunianmu.

7. Monstera.

Tanaman hias daun hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mintgarden_semarang

Tanaman satu ini tentu masuk dalam list tanaman dekorasi kekinian yang begitu digemari. Monstera atau disebut juga janda bolong, memiliki bentuk daun yang begitu khas.

Monstera punya daun yang lebar berwarna hijau pekat berpola dimana terdapat lubang-lubang. Sehingga sering digunakan sebagai hiasan interior rumah bergaya minimalis.

8. Tanaman jemani.

Tanaman hias daun hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@hobitanamwonogiri

Sama seperti gelombang cinta, jemini juga masuk dalam genus anthurium. Anthurium jemani memiliki daun yang indah dan lebar. Keindahan corak yang ada pada daun disertai tampilannya yang kekar, ialah beberapa alasan mengapa jenis tanaman ini berharga mahal namun tetap banyak peminatnya.

9. Daun dollar.

Tanaman hias daun hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kebunnya_arkhanza

Tanaman daun dolar memiliki batang dan daun yang unik. Tanaman ini punya daun berwarna hijau tua yang tumbuh sejajar dan berukuran simetris.

Selain itu, daun tanaman yang satu ini terlihat berurat, berukuran kecil, mengandung banyak air, dan tampak mengilap. Baik untuk dekorasi dalam ruangan atau pekarangan rumah tanaman ini akan memberikan efek yang segar tentunya.

10. Philodendron congo rojo.

Tanaman hias daun hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@theplantzoo

Tanaman yang satu ini memiliki warna yang cukup eksotik yakni hijau pekat dengan warna burgundy di bagian daun dan batangnya. Philodendron congo rojo atau red congo sangat cantik dijadikan tanaman hias di dalam rumah.

Cara merawatnya pun cukup ringkas. Ia senang dengan tanah yang kering dan tidak senang dengan cahaya matahari langsung.