Brilio.net - Memiliki hobi berkebun jadi salah satu solusi terbaik untuk melepas penat. Mengamati warna hijau cerah dari koleksi tanaman, sejenak akan memanjakan mata. Efek segar yang ditimbulkan pun akan menghilangkan rasa lelah dalam tubuh. Eits tapi untuk kamu yang memiliki banyak kegiatan bukan berarti tidak bisa merasakan kenikmatan ini lho. Kamu bisa memilih untuk merawat tanaman hias yang mudah beradaptasi di dalam ruangan.

Tanaman lidah mertua harus kamu masukkan dalam salah satu pilihan terbaikmu. Pasalnya, selain memiliki bentuk daun yang menarik, lidah mertua juga praktis untuk dirawat di dalam rumah. Meski di area indoor, tanaman yang memiliki nama lain sansevieria ini tetap dapat bertahan sehat dan tidak cepat layu. Tentu saja hal ini bisa terjadi jika lidah mertua mendapatkan perawatan yang tepat.

Selain itu, jangan salah pilih jenis juga saat akan merawatnya. Kenali beberapa jenis tanaman lidah mertua yang memang cocok untuk dirawat pada area outdoor. Kalau kamu bingung, nih coba simak ulasan brilio.net dari balconygardenweb.com dan berbagai sumber pada Rabu (17/2).

1. Sansevieria trifasciata twist.

Jenis tanaman lidah mertua indoor  © Instagram

foto: Instagram/@jayhayjay

Loading...

Sesuai dengan namanya, jenis lidah mertua ini memiliki bentuk yang runcing dan meliuk dari atas. Tanaman ini tumbuh setinggi 2 kaki. Dari segi tampilan terdapat beraneka warna kuning dengan garis-garis horizontal. Untuk jenis sansevieria trifasciata twist, merupakan jenis yang memiliki pertumbuhan lambat. Jadi kamu perlu memperhatikan perawatannya agar warna hijau cantiknya tetap terjaga selama masa pertumbuhan.

2. Sansevieria golden hahnii.

Jenis tanaman lidah mertua indoor  © Instagram

foto: Instagram/@lily.plantstory

Jenis tanaman lidah mertua yang bisa kamu rawat selanjutnya adalah sansevieria golden hahnii. Jenis ini tergolong kerdil dengan pertumbuhan setinggi 10 inci. Cukup mudah dalam mengenali sansevieria golden hahnii, daunnya memiliki warna hijau tua dengan tepian berwarna krem, dan memiliki bentuk yang padat. Jenis lidah mertua yang satu ini kerap direkomendasikan sebagai penghias meja kerja ataupun meja untuk bersantai.

3. Sansevieria futura robusta.

Jenis tanaman lidah mertua indoor  © Instagram

foto: Instagram/@maksucculent

Tanaman lidah mertua termasuk mudah untuk dirawat, sekalipun di dalam ruangan. Nah termasuk juga dengan jenis sansevieria futura robusta nih. Jenis ini memiliki bentuk daun yang lebar dan pendek. Dari segi warna, varietas ini memiliki dedaunan hijau keperakan dengan garis horizontal hijau tua. Tanaman yang tumbuh setinggi 24 inci ini cukup dikalangan para kolektor tanaman.

4. Sansevieria black gold.

Jenis tanaman lidah mertua indoor  © Instagram

foto: Instagram/@coracoesemaranhados

Sansevieria black gold juga jadi salah satu jenis yang ramai diburu sebagai hiasan pada area indoor. Jenis lidah mertua ini memiliki daun berwarna hijau tua, permukaan lebar, serta ada garis kuning di tepi yang bisa kamu kenali dengan mudah. Sama halnya dengan varietas lain, sansevieria black gold tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya redup. Dan untuk tingginya bisa mencapai 30-35 inci.

5. Sansevieria cylindrica.

Jenis tanaman lidah mertua indoor  © Instagram

foto: Instagram/@hearticulturist

Sansevieria cylindrica memiliki daya tarik yang cukup unik. Sedikit berbeda dari jenis lain, tanaman ini memiliki tampilan yang lebih tegak. Jenis cylindrica dapat tumbuh setinggi 20-24 inci. Ia akan semakin subur ketika mendapatkan paparan sinar matahari tidak langsung. Maka dari itu, menempatkannya pada lokasi yang teduh bisa jadi pilihan yang kamu ambil. Selain itu, siram secara teratur untuk mendapatkan pertumbuhan terbaik.

6. Sansevieria laurentii.

Jenis tanaman lidah mertua indoor  © Instagram

foto: Instagram/@myurbenjungle

Kalau kamu cari tanaman dengan tampilan cantik, coba lirik sansevieria laurentii. Tanaman ini dikenal dengan daunnya yang berwarna hijau tua dengan pinggiran kuning. Tampilannya semakin cantik dengan adanya garis-garis horizontal berbentuk zig-zag. Untuk panjangnya bisa mencapai 30-24 inci.

7. Sansevieria moonshine.

Jenis tanaman lidah mertua indoor  © Instagram

foto: Instagram/@lolaflora.roslinna

Jangan lewatkan sansevieria moonshine dalam pencarian terbaik sebagai hiasan rumah. Varietas moonshine berwarna hijau keperakan. Hal ini menjadikannya salah satu jenis tanaman lidah mertua terbaik. Dan yang menariknya lagi, tanaman ini mampu memberikan manfaat sebagai pembersih udara lho. Sansevieria moonshine yang pertumbuhannya bisa mencapai 4 kaki nggak akan membuatmu repot. Pemula bisa mencoba untuk merawatnya dengan mudah.

8. Sansevieria gracilis.

Jenis tanaman lidah mertua indoor  © Instagram

foto: Instagram/@crazyplantladydam

Selanjutnya yang bisa kamu rawat di dalam rumah ada sansevieria gracilis. Untuk tanaman ini, tumbuh hingga 18 inci. Pada bagian daunnya berbentuk runcing, panjang, sempit. Coraknya melingkari warna putih kehijauan. Untuk merawat tanaman ini kamu bisa memberikan paparan sinar matahari dengan kekuatan sedang. Namun jangan berikan cahaya matahari secara langsung pada varietas ini.

9. Sansevieria fischeri.

Jenis tanaman lidah mertua indoor  © Instagram

foto: Instagram/@hearticulturist

Rekomendasi berikutnya cocok untuk kamu yang menyukai bentuk mungil. Sansevieria fischeri memiliki ketinggian kurang dari 16 inci. Bentuknya yang kecil nggak akan memakan banyak area pada ruanganmu. Tanaman ini mekar di musim panas dengan sekelompok bunga putih. Perlu diingat, jaga tanaman ini di dalam ruangan selama musim dingin. Hal ini untuk melindung tanaman lidah mertua dari kerusakan.

10. Sansevieria patens.

Jenis tanaman lidah mertua indoor  © Instagram

foto: Instagram/@sansevieriasg

Dan ada juga sansevieria patens yang membentuk struktur roset dengan daun berwarna hijau yang dilapisi dengan warna gelap. Untuk jenis ini tumbuh setinggi 3 kaki. Agar varietas patens tumbuh dengan baik, disarankan memberikan penyiraman tidak terlalu sering. Sementara itu hindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung.