Brilio.net - Memilih tanaman hias yang tepat untuk diletakkan di rumah bisa mempertimbangkan beberapa faktor. Tak hanya untuk memperindah ruangan, namun juga bisa memberikan efek segar dan sejuk alami. Nah masalahnya terkadang kita tak memiliki cukup ruang untuk merawat tanaman hias, lantaran hunian yang kecil ataupun tidak memiliki pekarangan yang luas.

Salah satu alternatifnya yakni memilih tanaman hias gantung. Penggunaan tanaman hias gantung ini cukup digemari dan bisa jadi solusi untuk bercocok tanam dengan gerak yang terbatas.

Tak hanya berfungsi sebagai hobi bercocok tanam saja, penataan tanaman hias gantung juga bisa meningkatkan nilai estetika rumah. Apalagi dengan adanya tanaman hias ini juga bisa memberikan aura positif bagi penghuni rumah.

Tidak heran jika jenis tanaman gantung tertentu selalu kamu temui di beberapa rumah. Tanaman hias gantung ini dapat mempercantik halaman maupun ruangan di rumah. Manfaat tanaman hias tersebut tentunya tak hanya sebagai dekorasi loh.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Penasaran apa saja manfaat lainnya? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 6 manfaat tanaman hias gantung, Rabu (17/2)

1. Memberikan efek segar.

Manfaat tanaman hias gantung freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Kini polusi udara yang semakin tinggi karena global warming, membuat kita sadar akan pentingnya peran tanaman bagi kelangsungan hidup yang lebih sehat. Tentunya memiliki hunian yang nyaman dan segar merupakan dambaan setiap orang. Nah, tanaman hias gantung bisa menjadi media yang baik dalam membentuk udara alami dari rumah.

Sebab proses fotosintesis dari tanaman tersebut akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen yang sangat penting bagi para penghuni rumah. Nggak hanya membuat udara makin segar dan sejuk, penggunaan tanaman hias ini juga bisa meningkatkan kelembapan.

 

2. Melancarkan sirkulasi udara di ruangan.

Manfaat tanaman hias gantung freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Sirkulasi udara merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat membangun hingga mendekorasi rumah. Jika tidak diperhatikan, peredaran udara dalam rumah tidak akan berganti dengan baik. Sirkulasi udara di dalam rumah khususnya di dalam ruangan, bisa dibantu dengan meletakkan tanaman hias gantung atau jenis tanaman hias tertentu.

Bahkan terdapat beberapa tanaman yang berfungsi sebagai pembersih udara, yaitu dengan menyerap udara kotor yang ada di dalam ruangan dan menggantinya oksigen baru yang sehat.

3. Membantu mencegah penyakit.

Manfaat tanaman hias gantung freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Memilih tanaman hias gantung di rumah tidak hanya meningkatkan keindahan rumah tapi juga mampu meningkatkan kesehatan bagi para penghuninya. Sebab tanaman hias gantung juga memberikan oksigen yang memperbaiki kualitas udara di ruangan serta bisa mencegah penyakit.

Seperti sakit kepala, alergi hingga masalah penyakit pernapasan umum. Nggak hanya sekadar mencegah penyakit, keberadaan tanaman hias di rumah dapat menstabilkan denyut jantung.

4. Mengatasi efek stres.

Manfaat tanaman hias gantung freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Rutinitas pekerjaan terkadang membuat seseorang merasa stres berlebih, meskipun sudah berada di rumah. Untuk meredakannya, tak ada salahnya jika kamu memilih merawat dan memelihara tanaman hias gantung sebagai solusi menghilangkan stres. Sebab tanaman hias gantung memiliki bentuk, ukuran serta variasi warna yang beragam dan indah.

Tentu saja dengan melihat hunian dihiasi dengan tanaman hias, akan membuat siapa saja menjadi lebih tenang dan juga fresh. Sebab oksigen yang dihasilkan juga dapat merilekskan pikiran.

5. Meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat tanaman hias gantung freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Rupanya beberapa jenis tanaman hias gantung juga bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Tanaman hijau akan menghasilkan oksigen pada malam hari. Sehingga tingkat oksigen yang tinggi di malam hari dapat membuat istirahat lebih efektif.

Nah, tanaman hias gantung seperti bunga lavender, sirih gading atau golden pothos, dan juga lili paris dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik dan pikiran lebih rileks. Dengan meletakkan sejumlah tanaman tersebut, saat bangun tidur pun kondisi tubuh menjadi lebih bugar.

6. Sebagai aroma terapi alami.

Manfaat tanaman hias gantung freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Tanaman hias gantung ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai aroma terapi. Dengan aroma yang dikeluarkan dari tanaman tersebut tentu akan memberikan efek tenang dan rasa segar pada tubuh. Sehingga tubuh juga bisa lebih rileks. Terlebih kamu juga bisa melakukan relaksasi di sekitar tanaman hias tersebut.

(brl/lea)