Brilio.net - Tahun 2021 masih dipenuhi dengan beragam tanaman hias yang menarik hati. Para kolektor dibuat gemas dengan beragam jenis tanaman yang bisa dirawat di dalam rumah ataupun di teras.

Nah apakah kamu salah satunya? Sudah berapa banyak nih koleksi yang kamu punya? Jangan sampai kamu melewatkan jenis tanaman keladi putih white christmas di rumah. Pasalnya tanaman ini memiliki tampilan cantik yang memikat mata.

Keladi putih white christmas jadi salah satu jenis tanaman hias yang dipilih banyak orang. Dari segi penampilan kamu akan mudah mengenalinya. Tampak warna putih menyelimuti daun keladi ini. Semakin segar lagi, juga ada perpaduan warna hijau pada bagian urat daun. Hal ini akan semakin memperindah tampilan rumahmu dengan adanya keladi putih white christmas.

Kecantikan keladi putih white christmas sampai membuat sebagian orang menyebutnya sebagai angel wings. Selain di Indonesia, tanaman ini juga cukup familiar di Amerika Serikat. Saat menanamnya, kamu bisa mendapatkan pertumbuhan keladi putih white christmas sampai dengan 22 inci.

Keladi white christmas berasal dari genus Caladium yang terdiri dari sekitar 7 spesies dan lebih dari 1000 kultivar. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Tanaman yang juga memiliki nama lain Fancy Leaf White Caladium ini memiliki beragam warna yang cantik. Sehingga cocok untuk kamu yang mencari referensi tanaman hias di rumah maupun kantor.

Loading...

Nah tapi ingat, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih dalam merawat keladi white christmas. Apa saja? Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari jaycjayc.com pada Rabu (17/2) berikut ini.

1. Pencahayaan.

Cara merawat keladi putih white christmas © Istimewa

foto: Instagram/@craigmilran

Tanaman keladi putih white christmas menyukai pencahayaan yang terang namun teduh. Akan lebih baik kalau kamu memberikan sinar matahari pada pagi hari. Tapi perlu diperhatikan, jangan berikan paparan sinar matahari secara langsung pada tanaman. Tindakan ini justru akan membuat daun keladi putih white christmas menjadi gosong dan rusak.

2. Kelembapan.

Cara merawat keladi putih white christmas © Istimewa

foto: Instagram/@greenhomemag

Kelembapan tanaman juga akan mempengaruhi pertumbuhannya. Keladi putih white christmas menyukai kondisi yang hangat. Maka dari itu siram tanaman ini secara teratur. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan kelembapan keladi white christmas. Tanaman jenis ini selalu membutuhkan tanah memiliki kondisi lembap.

3. Kondisi tanah.

Cara merawat keladi putih white christmas © Istimewa

foto: unsplash.com

Selain kelembapan, kondisi tanah juga memberikan dampak pada kesuburan tanaman. Untuk keladi white christmas, kamu disarankan untuk tanah yang diperkaya humus, berpasir atau lempung, tahan kelembapan dan dikeringkan dengan baik. Pilihan ini bisa membantumu untuk menjaga kesehatan koleksi keladimu agar semakin sehat dan antilayu.

4. Pemupukan.

Cara merawat keladi putih white christmas © Istimewa

foto: unsplash.com

Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah dari segi pemupukan. Kamu bisa memberikan pupuk sekali dalam sebulan. Berikan pupuk cair seimbang untuk pertumbuhan tanaman yang optimal. Cara ini membantu agar tanaman dapat tumbuh lebih sehat dan terjaga penampilannya.

5. Pembersihan.

Cara merawat keladi putih white christmas © Istimewa

foto: Instagram/@craigmilran

Menjaga kebersihan tanaman perlu kamu lakukan juga. Nggak hanya pada area tanah di sekitar tanaman, perhatikan pula daun-daun yang sudah mati. Jika kamu menemukannya, bersihkan dan buang daun yang layu ataupun yang terbakar matahari. Cara ini akan membuat tanaman lebih rapi, bersih, dan tetap terawat keindahannya.

6. Hama.

Cara merawat keladi putih white christmas © Istimewa

foto: unsplash.com

Hama kerap menghinggapi tanaman dan memberikan dampak buruk untuk pertumbuhannya. Namun kamu jangan khawatir, karena jarang ditemukan hama ataupun penyakit serius pada keladi white christmas. Akan tetapi kamu juga perlu mewaspadai kehadiran siput yang dapat hadir memakan daun.

7. Pembudidayaan.

Cara merawat keladi putih white christmas © Istimewa

foto: Instagram/@_plantastisk_

Kamu pun bisa membudidayakan keladi white christmas agar semakin banyak. Kamu bisa melakukan dengan pembagian umbi. Pastikan setidaknya tanam sekitar 5 cm di bawah garis tanah. Selain itu, kamu juga bisa memperbanyak dari biji, meskipun cara ini jarang dilakukan kebanyakan orang.

8. Penempatan.

Cara merawat keladi putih white christmas © Istimewa

foto: Instagram/@follyfolia

Kamu bisa memanfaatkan tanaman keladi white christmas untuk berbagai kebutuhan. Namun jenis ini banyak digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik sudut rumah. Pasalnya, keladi white christmas unggul dengan tampilannya yang cantik dan juga segar. Sehingga banyak yang menempatkannya sebagai dekorasi untuk menambah kesan manis dan segar.

Manfaat merawat tanaman hias.

Cara merawat keladi putih white christmas © Istimewa

foto: Instagram/@leaf_pray_love

Merawat tanaman kerap dilakukan sebagai cara mengalihkan rasa penat. Efek sejuk dan tenangnya mampu membuat pencinta tanaman semakin betah berada di sekitar tanaman. Sebenarnya hal ini menjadi salah satu manfaat dari merawat tanaman hias di rumah lho. Nggak hanya itu, masih ada manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Simak penjelasannya berikut ini, dilansir dari ecowatch.co.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Melancarkan pernapasan.

3. Meningkatkan fungsi kognitif.

4. Menjadi terapi untuk saraf.

5. Mengurangi alergi dan asma.

6. Mencegah penyakit paru-paru.

7. Membuat udara lebih lembap dan tidak kering.

8. Meningkatkan kualitas tidur.

9. Meningkatkan fokus dan konsentrasi.

10. Membantu meningkatkan kesehatan mental.