Brilio.net - Ada banyak cara untuk mengisi kegiatan di sela waktu luang. Salah satu kegiatan yang sedang hits dilakukan masyarakat adalah menanam tanaman. Ya, tanaman hias dipilih sebagai pengalih rasa stres setelah bekerja seharian. Apalagi dengan situasi pandemi saat ini, kegiatan lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Sehingga kamu pun akan terhindar dari rasa bosan dengan melakukan perawatan terhadap tanaman.

Selain menyalurkan hobi, merawat tanaman juga bisa memberikan banyak keuntungan lho. Mulai dari meningkatkan kualitas udara, meredam stres, memperbaiki suasana hati, meningkatkan konsentrasi, sampai dengan meningkatkan imun tubuh lho. Kamu juga bisa sekaligus memanjakan mata dengan merawat tanaman hias dengan tampilan yang cantik, seperti halnya keladi merah pink thai beauty.

Jenis keladi merah pink thai beauty membuat banyak orang jadi jatuh cinta. Warnanya yang khas akan semakin memperindah area rumah. Untuk mempertahankan tampilan dan kesehatannya, pastikan kamu memberikan perawatan yang tepat ya.

Nah nggak usah khawatir dalam melakukannya, simak saja yuk ulasan brilio.net selengkapnya dari berbagai sumber pada Senin (22/2) berikut ini.

1. Pencahayaan.

Cara merawat keladi merah pink thai beauty © Istimewa

Loading...

foto: freepik.com

Memperhatikan asupan cahaya perlu kamu perhatikan dalam merawat tanaman keladi thai beauty. Akan lebih baik kalau kamu bisa memberikan asupan yang mirip dengan habitat aslinya. Keladi beauty thai hidup pada area yang teduh di dalam hutan Amerika. Maka, kamu bisa meniru dengan menempatkan tanaman ini pada area yang mendapat paparan sinar sedang yang teduh.

Dengan kondisi daun yang sedikit lebih tebal, jenis kaladium beauty thai dapat sedikit mentolerir paparan sinar matahari secara langsung. Meski begitu, lebih baik kamu waspada dengan dampak paparan matahari secara langsung. Pada dasarnya panas matahari yang berlebihan kurang baik untuk pertumbuhan kaladium. Efek gosong bisa didapatkan daun jika terpapar terlalu lama.

2. Penyiraman.

Cara merawat keladi merah pink thai beauty © Istimewa

foto: freepik.com

Begitu juga dengan teknik penyiraman keladi thai beauty. Sebagai jenis tanaman yang memiliki habitat asli di sepanjang tepi sungai hutan hujan, keladi thai beauty akan tumbuh sehat dengan kondisi tanah yang lembap. Berikan air sesuai dengan kebutuhan mereka. Pastikan tanah mendapatkan penyiraman hingga kondisinya lembap. Namun jangan sampai kadar air menjadi berlebihan karena akan mempercepat proses pembusukan. Sehingga lakukan penyiraman sekali seminggu saja.

Selain itu, yang perlu diingat adalah keladi thai beauty tidak perlu disiram saat musim dingin. Nah untuk kamu yang ingin merawat keladi beauty thai di area outdoor, pastikan tanaman ini tidak tergenang air. Kamu bisa memperhatikan kondisi tanah dan juga lokasi penempatannya. Apalagi untuk kamu yang tinggal di daerah yang rawan curah hujan tinggi, pastikan keladi thai beauty tetap terjaga dari genangan air.

3. Kondisi tanah.

Cara merawat keladi merah pink thai beauty © Istimewa

foto: Instagram/@planto_byfp

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keladi beauty thai perlu dijaga kelembapannya. Untuk mendukung pertumbuhannya, kamu bisa mencampurkan tanah dan gambut dengan perbandingan 50:50. Oiya, akan lebih baik kalau kamu bisa mempertahankan komposisi tanah dengan pH sekitar 6.

Kalau kamu ingin merawat keladi thai beauty di area luar rumah atau outdoor, kamu bisa melakukan pengamatan terlebih dahulu. Amati kondisi tanah sekitar 5 jam setelah hujan. Nah kalau kamu melihat air menggenang di tanah, maka lokasi itu bukan yang terbaik untuk tanamanmu. Kemungkinan akan memberikan dampak yang buruk untuk keladi, karena paparan air yang menggenang dalam waktu lama akan menyebabkan pembusukan. Maka dari itu, pilih lokasi lain, atau ubah konsistensi tanah dengan campuran bahan organik agar drainase lebih baik.

4. Suhu.

Cara merawat keladi merah pink thai beauty © Istimewa

foto: Instagram/@mikadogoh

Suhu ideal untuk merawat tanaman ini sekitar 18 derajat Celcius. Ketika kamu merawat tanaman keladi thai beauty di area outdoor, pastikan tanaman tidak kedinginan saat suhu mulai menurun. Kamu bisa memindahkannya terlebih dahulu ke dalam ruangan. Saat musim dingin, kamu bisa menyimpan tanaman pada area yang minim cahaya. Hati-hati ketika tanaman berada di suhu sekitar 7 derajat Celcius, karena dapat berdampak buruk pada pertumbuhan tanaman dan mengakibatkan penundaan tunas hingga 6 minggu.

5. Tingkat kelembapan.

Cara merawat keladi merah pink thai beauty © Istimewa

foto: Instagram/@everydaynursery

Sebagai tanaman dengan kelembapan tinggi, para pemilik keladi thai beauty biasanya melakukan beberapa trik untuk menjaga pertumbuhannya. Terutama untuk kamu yang menggunakan alat penghangat ruangan yang akan memberikan kondisi kering pada tanaman. Sehingga biasanya para pemilik akan memindahkan tanaman ini untuk sementara waktu di dalam kamar mandi.

6. Pembudidayaan.

Cara merawat keladi merah pink thai beauty © Istimewa

foto: freepik.com

Budidaya keladi thai beauty dari umbi relatif mudah dilakukan. Banyak yang merekomendasikan untuk melakukan hal ini pada musim semi. Pertama, pisahkan tanaman dari pot. Lalu periksa umbi yang telah menghasilkan akarnya sendiri. Lalu pisahkan mereka dan masukkan ke dalam wadah. Kemudian, berikan perawatan yang tepat sesuai dengan panduan yang sudah diberikan di atas.

7. Efek beracun.

Cara merawat keladi merah pink thai beauty © Istimewa

foto: freepik.com

Keluarga tanaman keladi dapat memberikan efek beracun ketika tertelan pada manusia dan juga hewan. Terutama untuk kamu yang memiliki hewan peliharaan, pastikan tanaman tidak tertelan oleh hewan karena akan memberikan dampak yang kurang baik. Segera berikan pertolongan medis ketika kamu menemukan hewan peliharaan menelan tanaman ini. Akan lebih baik kalau kamu menempatkan tanaman keladi ini di area yang jauh dari jangkauan hewan dan anak-anak.