Brilio.net - Belakangan ini tanaman hias menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu jenis tanaman hias yang lagi tren adalah janda bolong. Tanaman hias dengan bentuk unik ini bisa dihargai ratusan juta rupiah.

Seperti yang diketahui, tanaman janda bolong memiliki banyak jenis. Dua di antaranya yang populer adalah Monstera obliqua dan Monstera Adansonii. Tanaman ini masih sekeluarga dengan Monstera dan biasa difungsikan sebagai dekorasi di rumah.

Janda bolong menjadi daya tarik karena bentuk daunnya yang unik, yakni berlubang. Tanaman ini juga dikenal dengan nama keju Swiss dan tanaman lima lubang. Janda bolong tersebar luas di sebagian besar Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Selain itu janda bolong juga bisa ditemukan di Hindia Barat, terutama di dekat lembah sungai dataran rendah.

Harganya mahal sebanding dengan manfaatnya lho. Nah sebelum membahas mengenai jenis janda bolong dengan harga termahal. Yuk simak dulu apa saja manfaat dari janda bolong, berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (18/2).

1. Memperbaiki kualitas udara.

Jika kamu memelihara tanaman janda bolong di rumah, maka bisa meningkatkan kualitas udara. Rumah menjadi sejuk dan nyaman. Jika diletakkan di dalam rumah, tanaman hias ini dapat menyerap berbagai zat beracun dari udara. Misalnya benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia.

Loading...

2. Menyehatkan mata.

Tanaman janda bolong tidak hanya membuat rumah menjadi sejuk, namun juga bisa menyehatkan mata. Jika kamu duduk di dekat tanaman ini dan memandang keindahan daunnya, maka mata akan terasa sangat nyaman. Terlebih jika kamu telah menghabiskan waktu seharian bekerja di depan layar.

Selain menyegarkan mata, tanaman janda bolong ini juga dapat menyerap kandungan bahan kimia yang sering menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan reaksi alergi.

3. Memberikan kesan elegan.

Tanaman janda bolong memang sangat unik dengan daunnya yang lebar. Jika kamu meletakkannya di dalam maupun luar ruangan, rumah akan terasa lebih indah. Rumah akan terasa lebih elegan karena tanaman satu ini.

4. Bernilai investasi.

Seperti yang diketahui, tanaman hias janda bolong ini bernilai ratusan juta rupiah. Jika kamu memilikinya, maka bisa menjadi bentuk investasi lho. Kamu bisa mulai membudidayakannya di rumah dan menjualnya. Namun perlu diketahui, dalam membeli janda bolong juga harus berhati-hati agar tidak muda tertipu.

5. Meningkatkan mood.

Manfaat yang diberikan oleh janda bolong ini terbilang cukup banyak. Kehadiran janda bolong di rumah bisa meningkatkan kualitas udara di rumah dan menyejukkan mata. Hal ini jelas saja bisa meningkatkan mood kamu, dikala lelah dan bosan dengan kondisi sekarang ini yang harus menghabiskan banyak waktu di rumah.

 

Tanaman hias janda bolong termahal

1. Monstera Obliqua

Daftar tanaman hias janda bolong termahal Instagram

foto: Instagram/@littlegardenn_

Monstera Obliqua menduduki tanaman janda bolong dengan harga tinggi, yakni mencapai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah, bahkan beberapa sumber menyebutkan, harganya mencapai 120 juta untuk satu pot dengan 3 helai daun. Tak heran memang, harganya sangat mahal karena tanaman hias ini tergolong langka dan memiliki ciri yang khas serta unik.

Monstera Obliqua adalah spesies dari genus Monstera yang berasal dari Amerika tengah dan selatan (seperti Peru, Kolombia, dan Bolivia). Monstera Obliqua merupakan tanaman langka yang sudah sangat jarang ditemukan, termasuk di habitatnya sendiri.

Tak hanya itu saja, bibit Monstera Obliqua tidak didapat sembarangan dari dalam negeri, tetapi bibit tanaman satu ini diperoleh langsung dari luar negeri, yaitu Peru, Kolombia, dan Bolivia. Meskipun bibit keluarga genus Monstera banyak terdapat di dalam negeri, khusus bibit Monstera Obliqua didatangkan dari luar negeri.

 

2. Monstera Adansonii Variegata.

Daftar tanaman hias janda bolong termahal Instagram

foto: Instagram/@akhilham

Monstera Adansonii Variegata merupakan jenis janda bolong yang memiliki harga tinggi pula, yakni mencapai Rp 90 juta untuk satu potnya. Sedangkan untuk anakan dengan ukuran daun yang masih kecil dihargai Rp 45 juta. Harga yang cukup tinggi untuk jenis tanaman bukan?

Harga yang mahal dikarenakan tanaman ini sangat jarang ditemui dipasaran. Warna daunnya unik, perpaduan hijau dan putihnya menghasilkan kontras yang apik. Bahkan, ada jenis monstera variegata yang hampir seluruh daunnya berwarna putih. Ada pula yang setengah hijau dan setengah putih.

Bentuk daun dan motif sobekannya mirip jenis deliciosa, namun ukurannya lebih kecil. Pucuk daunnya pun cenderung tumpul, seperti jenis borsigiana.

3. Monstera Adansonii

Daftar tanaman hias janda bolong termahal Instagram

foto: Instagram/@plantways

Monstera Adansonii memiliki ciri khas tersendiri, di mana lubang-lubang pada Monstera Adansonii hanya di permukaan tengahnya saja. Jadi tidak sampai sobek-sobek yang membentuk jari-jari pada pinggir daun. Harga yang ditawarkan untuk tanaman satu ini tidak terlalu mahal, hanya berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribu saja.

Monstera Adansonii memiliki ukuran daun lebih kecil serta memiliki gradasi warna hijau tua dan muda. Dalam pertumbuhannya, batang tanaman Monstera Adansonii ini tidak terlalu kaku sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai tanaman gantung yang menjuntai. Selain itu, jenis Monstera ini juga dapat tumbuh merambat.