Brilio.net - Menumbuhkan banyak tanaman di ruang yang lebih kecil tanpa tanah populer bagi sebagian orang. Kamu bisa mengubah media tanam tanah menggunakan air yakni dengan cara hidroponik. Kata "hidroponik", berasal dari kata "air" dan "tenaga kerja", dengan kata lain ini menjelaskan metode menanam tanaman dalam larutan air yang bebas tanah dan tetap kaya nutrisi.

Membudidayakan tanaman di lingkungan pakai air bukanlah ide baru. Saat ini, penggunaan hidroponik untuk menanam sayuran dan buah-buahan sudah tersebar luas. Namun buat kamu yang ingin menghiasi rumah, baik indoor maupun outdoor, segala jenis tanaman hias bisa jadi alternatif menarik.

Tanaman hidroponik dapat ditanam di berbagai tempat, mulai dari botol bekas, paralon, kaca bening, dan lain sebagainya. Sistem hidroponik menawarkan estetika tinggi saat ditaruh di dalam rumah. Manfaatkan vertikal rumah dengan cara menggantung tanaman agar lebih menghemat tempat.

Apa saja jenis tanaman yang bisa dibudidaya menggunakan cara hidroponik gantung? Simak rekomendasinya seperti Brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/2).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Philodendron.

hidroponik gantung ©Instagram

foto: Instagram/@whereartmeetsscience

Awal mula kemunculannya, tanaman Philodendron kerap ditanam dengan media pakis. Kini seiring perkembangan waktu, muncul banyak cara kreatif untuk merawat serta mengembangkan Philodendron. Yup, Philodendron ternyata juga bisa ditanam pada media air, lho.

2. Spider plant.

hidroponik gantung ©Instagram

foto: Instagram/@insidegreenau

Tanaman ini memiliki daun berbentuk panjang menjuntai, mirip seperti kaki laba-laba. Spider plant memiliki warna hijau cerah yang dapat menyegarkan rumah. Tanaman ini bisa tumbuh dengan media air. Masukkan ke dalam vas atau botol yang sudah diisi dengan air.

3. Chinese evergreens.

hidroponik gantung ©Instagram

foto: Instagram/@plenty_plants_2.0

Tanaman Chinese evergreens lebih dikenal dengan sebutan sri rejeki. Selain dapat ditanam pada tanah, sri rejeki juga bisa tumbuh melalui media air. Cara merawatnya pun tidak terlalu sulit. Sediakan botol, vas, atau paralon yang telah diisi air, rendam sri rejeki di dalamnya. Ganti air secara berkala supaya sri rejeki dapat tumbuh dengan baik.

4. Tillandsia (Air plant).

hidroponik gantung ©Instagram

foto: Instagram/@emmasairgarden

Tanaman udara atau Tillandsia adalah tanaman hias yang sempurna untuk disimpan di mana saja karena tidak membutuhkan tanah untuk bertahan hidup. Kebanyakan orang suka menggantung Tillandsia di terarium kaca kemudian diisi dengan aksen warna-warni dan pernak-pernik. Tanaman ini juga bisa ditanam melalui media air.

Air plant perlu dirawat dan diletakkan di tempat dengan sirkulasi udara yang baik dan banyak cahaya terang. Pastikan jaga kelembapan tetap tinggi dengan menyemprotkan air. Tanaman ini juga ramah terhadap hewan peliharaan.

5. Water lettuce.

hidroponik gantung ©Instagram

foto: Instagram/@sherlyyakobus

Bentuk water lettuce menyerupai kelopak bunga warna hijau yang sedang mekar. Water lettuce atau yang lebih dikenal sebagai apu-apu adalah tanaman hias air. Tanaman hias ini banyak ditemui di sungai, tapi tidak menutup kemungkinan untuk merawat apu-apu di rumah. Perawatan apu-apu cukup mudah, sediakan wadah yang memiliki ukuran lebih besar, isi dengan air, lalu masukkan apu-apu ke dalamnya.

6. Paperwhite.

hidroponik gantung ©Instagram

foto: Instagram/@lillyslovelies

Sama seperti namanya, tanaman Paperwhite memiliki bunga berwarna putih yang indah nan cantik. Tanaman ini pun mendapat julukan sebagai bunga kertas. Paperwhite terlihat elegan dan cocok dijadikan tanaman hidroponik gantung. Salah satu media yang bisa dipakai untuk menanam Paperwhite adalah dengan air. Masukkan ke dalam wadah yang sudah diisi air. Jika tidak ada waktu, kamu cukup mengganti airnya setiap tiga hari sekali.

7. Monstera.

hidroponik gantung ©Instagram

foto: Instagram/@hero_elnara

Tanaman yang satu ini banyak ditemukan di Meksiko, pada kawasan hutan tropis. Monstera jadi tanaman yang kerap dilirik lantaran punya daun bolong atau sobek-sobek unik dan mencuri perhatian. Monstera dapat dirawat dengan berbagai media, mulai dari pot hingga media air.

8. Lemon balm.

hidroponik gantung ©Instagram

foto: Instagram/@alifemoreorganized

Mendapatkan julukan 'Lemon', tanaman ini ternyata akan mengeluarkan aroma lemon saat dihirup. Namun bentuknya lebih mirip tanaman mint dibandingkan dengan lemon. Cara memelihara serta merawat lemon balm mudah dan praktis. Pasalnya, tanaman ini bisa ditanam dengan media air kemudian digantung. Supaya lemon balm bisa tumbuh ideal, letakkan di kondisi yang cukup sinar matahari.

9. Sirih gading.

hidroponik gantung ©Instagram

foto: Instagram/@aeknaetek

Sirih gading adalah tanaman yang dikenal karena mudah dirawat. Tanaman hias yang memiliki julukan Epipremnum aureum ini jadi salah satu tanaman yang dapat tumbuh subur melalui media air. Masukkan sirih gading ke dalam wadah bekas, kemudian isi dengan air secukupnya. Nggak hanya indah dipandang, sirih gading bisa membuat udara ruangan jadi segar.

10. Lucky bamboo.

hidroponik gantung ©Instagram

foto: Instagram/@parijat594

Dari namanya, tanaman lucky bamboo ini dipercaya sebagian orang dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran pemiliknya. Selain menarik perhatian, lucky bamboo atau bambu keberuntungan ini perawatannya nggak ribet. Yakni dengan media air, sediakan wadah bekas, isi air secukupnya, kemudian masukkan lucky bamboo.

(brl/tin)