Brilio.net - Tanaman hias aglaonema memang menjadi primadona di kalangan tanaman hias lainnya. Hal ini dikarenakan aglaonema memiliki daun yang unik dan sangat cantik. Tanaman yang dikenal pula dengan nama Chinese Green ini memang tidak terlalu sulit untuk merawatnya, hanya perlu memperhatikan suku dan kelembapan udaranya, serta nutrisi yang dibutuhkan.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah aglaonema kocin tembaga. Tanaman hias satu ini memiliki tampilan sangat unik karena jika dilihat secara sekilas, warna daunnya seperti warna tembaga. Tak heran jika banyak orang memburunya. Tampilan daunnya semakin cantik dengan dengan warna hijau dan merah muda.

Cara merawat bunga aglaonema kochin tembaga Instagram

foto: Instagram/@anthurium_gardens

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Berbicara mengenai bunga aglaonema kochin, ada beberapa jenisnya, mulai dari Kochin Chameleon, Kochin Suksom Jaipong, Kochin Paramruay dan beberapa lainnya. Nah buat kamu yang sekarang ini memiliki aglaonema kochin tembaga, yuk coba pelajari bagaimana cara merawat tanaman hias tersebut. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (18/2).

1. Lindungi dari paparan sinar matahari langsung.

Sama dengan beberapa jenis aglaonema lainnya, kochin tembaga juga tak sehat jika diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Kamu perlu meletakkannya di tempat yang teduh. Hal ini dikarenakan habitat asli aglaonema yang berada di gunung, tumbuhan ini tumbuh subur di bawah rindang pohon yang besar yang teduh dengan udara sejuk.

Kamu juga perlu melindungi aglaonema dari air hujan, terlalu banyak air akan membuat akar membusuk dan daun menjadi tidak sehat.

2. Aturan dalam menyiram.

Jangan terlalu sering menyiram aglaonema kochin tembaga. Seperti yang sudah disebutkan di atas, terlalu banyak air akan membuat akar tanaman menjadi busuk dan akibatnya tanaman menjadi layu atau mati.

Oleh karena itu sebaiknya siramlah dalam jangka waktu 2-3 hari sekali untuk menjaga agar media tanam tetap basah agar suplai air dan nutrisi, daunnya pun dapat terjaga dengan baik.

3. Memangkas daun yang layu.

Terkadang daun menjadi layu karena beberapa hal, terlalu sering terkena matahari, menyiram dalam jangka waktu yang salah dan sebagainya. Solusi agar daun menjadi tetap subur, kamu perlu menggunting bagian daun yang layu, dengan begitu daun terlihat segar kembali.

4. Mengelap daun aglaonema kochin tembaga.

Jika kamu memiliki tumbuhan aglaonema, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kamu harus mengecek secara rutin dan juga mengelap daunnya. Jika kamu membiarkan daun aglaonema berdebu, maka banyak bakteri yang menempel dan menyebabkan kondisi daun menjadi tidak sehat.

5. Gembur tanah agar aglaonema berkembang.

Cara merawat bunga aglaonema kochin tembaga Instagram

foto: Instagram/@mad.rofik.7

Jika kamu ingin aglaonema kochin tembaga terlihat rindang, maka yang perlu kamu lakukan adalah gemburlah media tanam tersebut. Kondisi tanah yang keras akan membuat aglaonema sulit berkembang. Kamu bisa melakukannya satu bulan sekali. Kamu juga bisa mengganti tanah yang baru jika dianggap sudah cukup mengeras.

(brl/lin)