Brilio.net - Serangga sering menganggu gangguan, dan itu membuat rumah kita yang indah tampak tidak bersih. Kita sering membasminya dengan menggunakan obat nyamuk dan serangga pabrikan. Dengan harga yang terjangkau, kita bisa membelinya di toko dan swalayan terdekat.

Namun, seperti yang kita ketahui, bahan kimia bisa berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan kita. Selain itu, obat nyamuk dan serangga juga berbahaya bagi lingkungan. Nah, tahukah kamu kalau mengusir serangga bisa dilakukan dengan cara alami?

Kita bisa menggunakan berbagai bahan seperti kulit buah, ramuan dari dedaunan hingga menanam tanaman anti serangga. Selain aman untuk kesehatan keluarga, bahan alami tersebut juga ramah lingkungan. Kita juga bisa menghemat pengeluaran sehari-hari kita juga, bukan?

Nah, berikut ini brilio.net tunjukkan beberapa cara alami dan aman utuk membasmi serangga, dikutip dari brightside.me, Selasa (1/10).

1. Menanam bunga yang disukai kepik.

Loading...

cara alami membasmi serangga  Brightside

foto: Wikimedia Commons/Coccinella magnifica

Kepik atau kumbang memang dianggap sebagai serangga, tetapi cenderung lebih aman daripada serangga dan laba-laba lainnya. Kepik juga bisa membuat serangga lain pergi dari lingkungan rumah.

Kumbang berwarna bisa menghilangkan makanan yang serangga lain, sehingga memaksa mereka untuk menemukan rumah di tempat lain. Kamu bisa menanam bunga dan bumbu seperti ketumbar, adas, jintan, yarrow, tansy, angelica, geranium harum, dan coreopsis untuk memikat kumbang ke halaman.

2. Membuat semprotan anti-hama alami.

cara alami membasmi serangga  Brightside

foto: depositphotos.com

Kamu bisa membuat semprotan anti-hama yang alami secara mandiri. Campur cuka sari apel, minyak, lada, dan sabun cair dalam botol semprot. Semprotkan cairan tersebut setiap hari di sudut rumah. Jangan lupa untuk menyemprotkannya di sepanjang jendela, jendela, dan pintu.  Jangan lupa semprot setelah hujan.

3. Menjaga kebersihan rumah.

cara alami membasmi serangga  Brightside

foto: depositphotos.com

Timbulnya serangga yang tidak ramah dengan manusia salah satunya karena faktor kebersihan rumah kita. Bersihkan rumah kamu setidaknya satu pekan sekali. Jangan lupa untuk membersihkan tempat yang sulit dijangkau, seperti di bawah tempat tidur atau di atas lemari pakaian. Oh ya, basmi juga sarang laba-laba di setiap sudut rumah.

4. Gunakan aras di sekeliling rumah.

cara alami membasmi serangga  Brightside

foto: Wikimedia Commons/Eliza68

Aroma aras tidak disukai banyak serangga, termasuk laba-laba. Jadi, serangga bisa dipastikan berkurang dari halaman rumah. Kamu juga bisa membuat semprotan laba-laba dengan mencampurkan minyak aras dan air dan menyemprotkannya di sekitar rumah.

5. Letakkan kulit jeruk di sekitar rumah.

cara alami membasmi serangga  Brightside

foto: depositphotos.com

Bau jeruk segar adalah sesuatu yang membenci serangga. Kamu bisa menggunakan kulit buah jeruk apapun, termasuk jeruk, lemon, atau jeruk nipis. Tempatkan kulit di sekitar rumah seperti di dekat pintu, jendela dan tempat-tempat serangga masuk ke dalam rumah. Perlu diingat untuk mengganti kulit ini setiap 48 jam.

6. Tempatkan kacang kastanya di sekitar rumah.

cara alami membasmi serangga  Brightside

foto: depositphotos.com

Salah satu penolak serangga (terutama laba-laba) yang paling ampuh adalah kastanye. Serangga benar-benar membenci baunya. Letakkan kastanya di dekat pintu, jendela, lemari, dan tempat-tempat lain untuk memastikan bahwa serangga ini tidak masuk ke dalam rumah.