Brilio.net - Sebagai negara yang pembangunannya tidak merasa, tentu sebuah keharusan seorang pemuda desa untuk keluar dari kampungnya agar dapat pekerjaan yang layak di tempat lain. Hal ini biasa dikenal dengan sebutan merantau.

Merantau merujuk pada tindakan seseorang untuk meninggalkan tempat asalnya dan pindah ke tempat baru. Biasanya dengan tujuan untuk mendari pekerjaan, pendidikanm atau pengalaman hidup yang lebih baik.

Orang sering merantau karena berbagai alasan, seperti kesempatan bekerja yang lebih oke, pendidikan yang lebih tinggi, mencari pengalaman baru, atau untuk meningkatkan kualitas hidup. Namun, setiap perjuangan juga tentu membawa kisah sedih. Salah satunya adalah kesepian karena jauh dari keluarga.

Rasa rindu akan keluarga, kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru, serta perasaan terasing di tengah budaya yang berbeda. Semuanya dapat menjadi beban emosional yang menimbulkan kesedihan bagi para perantau. Di samping itu, terpisahnya dari keluarga juga menyebabkan kehilangan momen-momen penting dengan keluarga.