Momen kesedihan tersebut persis dirasakan dalam video ini. Salah seorang TikTokers membagikan sebuah video lewat akun @jhuna_bee03. Terlihat pria memakai kaos oblong putih keluar dari mobil berwarna kuning. Ia hendak membeli sebuah sayur.

pulang merantau © TikTok

foto: TikTok/@jhuna_bee03

Tampak dengan sengaja wajahnya ditutupi dengan topi. Dengan gelagat meyakinkan, pria tersebut berpura-pura seakan-akan menjadi pembeli. Ia memegang-megang sayur yang ada di lapak tersebut.

"Pura-pura beli sayur dulu," tulisnya pada caption.

Setelah ia berjalan ke perempuan paruh baya dengan baju berwana pink, barulah pria tersebut membuka topinya. Momen harupun terjadi. Sang ibu mengenali pria tersebut. Itu adalah anaknya yang sudah 5 tahun tidak pulang.

"5 tahun nggak pulang dan 3 bulan terakhir tidak komunikasi," tulisnya lagi dalam caption.

pulang merantau © TikTok

foto: TikTok/@jhuna_bee03

Lantas mereka berpelukan begitu erat. Pria itu mengaku bahwa sejatinya masih hendak berpura-pura sebagai pembeli dan menawar harnya. Namun kerinduan sudah tak tertahan, mereka pun langsung berpelukan. Tak terasa air mata menetes di pipi sang ibu.

pulang merantau © TikTok

foto: TikTok/@jhuna_bee03

Ternyata di tempat itu juga ada ayahnya. Tidak ada respon berlebihan pada adegan ini. Mereka hanya bersalaman biasa layaknya seorang ayah dan anak. Namun anak tersebut juga memeluk ayahnya begitu erat. Walau terlihat ekspresi ayah biasa saja.

Video ini pun menjadi perhatian netizen. Banyak yang tersentuh dengan kepulangan pria tersebut. Mereka mengatakan bahwa sejauh apapun merantau tetap jangan lupa arah pulang, terlebih jika kedua orang tua masih hidup.

"Saking kangennya seorang ibu, sampai peluknya erat gitu," ujar akun @vikafauziah490

"Ayahnya mukanya biasa saja tapi di dalam hatinya sedih banget pasti itu," kata akun @lomboktimur_223.

"Gue tiap lihat perantau pulang kasih surprise ke orang tuanya bawaannya pengen mewek bae," komentar akun @jooceed

"Bisa kuat gitu ya saya yang belum sampai rumah aja sudah berkaca-kaca sambil ditahan," tulis akun @griemrieper7.

pulang merantau © TikTok

foto: TikTok/@jhuna_bee03

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @jhuna_bee03 sudah menghimpun sebanyak 6.5 juta penonton. Selain itu terdapat juga 278.800 akun yang memberi like dan 3982 komentar.

@jhuna_bee03 Sejauh apapun kamu pergi dan dimanapun kamu singgah jangan sampai lupa arah akan pulang. #fypviral #vidioviral #bunda Muara Kasih Bunda - Gusti Perwira