Brilio.net - Berbagai jasa asuransi sudah bayak ditawarkan di semua kalangan. Salah satunya asuransi milik nasional, yakni BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Selain asuransi BPJS Kesehatan ada pula BPJS Ketenagakerjaan. Jika BPJS Kesehatan untuk seluruh warga Indonesia, maka BPJS Ketenagakerjaan wajib dimiliki semua tenaga kerja yang menerima upah atau gaji baik di sektor formal maupun informal.

Setiap perusahaan juga wajib mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kewajiban ini sudah diatur mendetail dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Program jaminan sosial tenaga kerja ini berperan untuk menyediakan jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun, dan jaminan hari tua.

Ketika kamu menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka ada iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sebagian besar iuran itu juga dibayarkan perusahaan sebagai pemberi hak, dan sebagiannya lagi memotong dari penghasilan peserta. Iuran tersebut akan menjadi saldo yang dikelola pihak BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya jumlah saldo itu akan bertambah dan dapat ditarik peserta dalam periode tertentu sesuai aturan yang berlaku.

Peserta dapat menganggapnya sebagai tabungan. Nah, saldo dari BPJS Ketenagakerjaan ini bisa kamu cek loh. Saldo yang dapat dicek atau dilihat peserta adalah saldo BPJS Ketenagakerjaan jaminan hari tua.

Namun, banyak orang ternyata tak belum mengetahui cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang sudah terkumpul. Berikut empat cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan cepat dan mudah, yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (11/11).

Loading...

1. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU.

4 Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan cepat dan mudah pixabay Instagram/@bpjstku

foto: Instagram/@bpjstku

Kini hampir semua orang memiliki smartphone. Maka kamu dengan mudah dapat mengunduh aplikasi BPJSTKU di Google Play Store. Dengan aplikasi ini semua informasi mengenai BPJS Ketenagakerjaan tersedia secara detail, mulai dari info pembayaran, cara klaim saldo hingga rincian saldo yang ada.

Berikut langkah-langkahnya.

a. Buka Google Play Store, lalu ketik BPJSTKU.

b. Kemudian download aplikasinya.

c. Buka aplikasi dan log in terlebih dahulu dengan menggunakan alamat email atau PIN yang kamu gunakan saat registrasi BPJS Ketenagakerjaan.

d. Setelah log in kamu dapat melihat berbagai rincian informasi seputar BPJS Ketenagakerjaan termasuk cek saldo dengan memilih menu 'Lihat Saldo'.

e. Sebelum mengunduh aplikasi ini pastikan kamu terdaftar menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan dan memiliki nomer ID.

f. Apabila kamu belum memiliki username dan PIN untuk log in, maka kamu bisa langsung pilih opsi 'Buat Akun'.

2. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS.

4 Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan cepat dan mudah pixabay Instagram/@bpjstku

foto: pixabay

Nah, jika kamu sedang tidak memiliki kuota dan ingin memilih cara paling mudah dan cepat yakni melalui SMS. Pengecekan dengan menggunakan SMS dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Kamu hanya perlu modal HP dan pulsa.

Nah, bagaimana langkah-langkah cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS, berikut penjelasanya.

a. Masuk ke menu SMS, buat pesan baru.

b. Pertama kamu harus mendaftarkan diri dulu untuk menggunakan layanan SMS dengan kirim pesan berformat: DAFTARSALDO# Nomor KTP#Tanggal LAhir (DD-MM-YYYY)#No Peserta#Email(kalau ada)/

c. Kemudian kirim ke nomor 2725.

d. Kalau sudah terdaftar untuk mengetahui berapa saldo PBJS Ketenagakerjaan kamu. Formatnya yakni SALDONomer Peserta lalu kirim ke 2757.

e. Kamu akan dikenakan tarif SMS sebesar Rp 165 untuk setiap SMS yang dikirim. Balas 'Ok' apabila setuju.

f. Tunggu beberapa detik kamu akan menerima balasan otomatis dari operator yang berisi informasi total saldo BPJS Ketenagakerjaan milik kamu.

3. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resmi BPJSTKU.

4 Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan cepat dan mudah pixabay Instagram/@bpjstku

foto: Instagram/@bpjstku

Bagi kamu pengguna smartphone dengan memori terbatas bisa juga menggunakan cara alternatif lainnya untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Yaitu dengan mengaskses situs resminya secara langsung.

Caranya sebagai berikut.

a. Buka website BPJS Ketenagakerjaan atau https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

b. Geser ke bawah kemudian pilih 'Layanan Peserta Tenaga Kerja'. Klik tombol masuk.

C. Pilih BPJSTKU.

d. Buat akunnya dan begitu selesai kamu bisa log in untuk cari tahu informasi besaran saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan memilih menu 'Lihat Saldo JHT'.

4. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan.

4 Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan cepat dan mudah pixabay Instagram/@bpjstku

foto: Instagram/@raja_baginda

Cara terakhir untuk mengecek saldo PBJS Ketenagakerjaan adalah dengan mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Meskipun terkesan konvensional, namun cara cek saldo dengan cara ini banyak dilakukan orang.

Kamu cukup mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dari lokasi kamu. Datang ke kantor tersebut dengan membawa kartu peserta BPJS ketenagakerjaan dan lakukan sesuai prosedur yang diinstruksikan petugas. Kamu akan mendapatkan rincian saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan yang telah terkumpul selama periode peserta mengikuti program jaminan tersebut dari petugas dalam bentuk hardcopy.