Brilio.net - Sebagai negara yang kaya akan budaya dan praktik mistis, hal-hal berbau gaib masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Dipercaya atau pun tidak, praktik-praktik seperti pesugihan dengan memelihara makhluk halus masih ada hingga sekarang. Entah itu di desa atau pun di kota, orang-orang dengan keyakinan nyeleneh ini tetap percaya kalau uang bisa didapatkan dengan memelihara makhluk ngeri itu meski dengan tumbal yang aneh-aneh.

Nah kira-kira menurut mitos, makhluk halus apa saja sih yang bisa dipelihara oleh orang? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (5/6) ini dia ulasannya.

1. Tuyul.

foto: twitter.com

Makhluk penghasil duit secara tidak halal ini sudah dipercaya orang sejak puluhan tahun silam. Dengan memelihara tuyul, pemiliknya bisa mendapatkan kekayaan dengan mudah. Syaratnya, tuyul harus diperlakukan seperti anak sendiri. Hii!

2. Pocong.

foto: dududth.blogspot.com

Biasanya orang yang memelihara pocong suka menaruh makhluk halus ini di tempat dia berdagang. Dengan kekuatan yang konon berasal dari ludahnya, apa-apa saja yang dijual bisa membuat mereka laris manis. Mitosnya pocong kerap berdiri di dekat rombong makanan atau sudut-sudut gelap yang jarang didatangi pengunjung.

3. Buto Ijo.

foto: youtube.com

Buto ijo mitosnya bisa dipelihara dengan bantuan atau perantara dukun. Setelah kesepakatan berjalan dengan baik, buto ijo akan bekerja dengan sekuat tenaga sebagai penglaris. Namun, buto ijo biasanya akan meminta sesajen atau bahkan tumbal.

BACA JUGA: Punya dua wajah, kisah hidup pewaris bangsawan Inggris ini bikin miris


Kira-kira apalagi ya makhluk halus yang konon suka dipelihara orang Indonesia? KLIK NEXT!

2 dari 2 halaman


4. Genderuwo.

foto: youtube.com

Makhluk halus yang satu ini memang legendaris di Indonesia. Genderuwo biasanya akan membuat perjanjian terlebih dahulu dengan manusia yang memeliharanya. Mereka akan minta hal aneh-aneh mulai dari sajen yang susah didapat hingga meminta gadis untuk dikawini. Setelah memberikan itu semua, genderuwo akan membuat manusia jadi kaya raya.

5. Blorong.

foto: kapanlagi.com

Mitosnya sebelum bisa dipelihara oleh manusia, Blorong biasanya meminta beberapa kesepakatan. Manusia yang melakukan perjanjian harus memenuhi semua kesepakatan itu baik dalam hal sesajen, tumbal, hingga konon kebutuhan ranjang yang merupakan bagian dari ritual. Setelah bercinta, biasanya sisik dari Blorong akan copot dan berubah menjadi permata hingga bisa dijual.

6. Jenglot.

foto:kisahasalusul.blogspot.com

Menurut mitos Jenglot dulunya merupakan seorang yang sakiti. Namun, setelah mati kekuatannya tak hilang dan bumi menolaknya. Akhirnya wujud mereka mengecil meski tetap menyimpan kesaktian. Pemelihara jenglot harus memberikan sesajen yang tepat agar makhluk dengan panjang 12-15 cm ini memberikan kesaktian dengan sempurna.

Duh guys, jangan pernah ya aneh-aneh melakukan hal seperti ini. Kalau memang ingin jadi orang sukses ya berusaha dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.