Brilio.net - Kabar meninggalnya aktris cantik Saphira Indah menyisahkan kesedihan di dunia hiburan Tanah Air. Saphira meninggal dunia pada Rabu (30/1) malam karena mengalami gangguan pernapasan. Padahal sebelumnya, pemeran Uni dalam film Eiffel.. I'm in Love itu tak memiliki riwayat penyakit.

Sang suami, Rico Hidros menceritakan beberapa hari sebelumnya Saphira mengaku mengeluh sesak napas sehingga dilarikan ke rumah sakit. Bukan cuma itu, Saphira saat juga diketahui tengah mengandung anak pertamanya yang memasuki usia 6 bulan.

Di Indonesia sendiri, kisah selebriti yang meninggal dunia akibat penyakit paru-paru sebenarnya bukanlah hal baru. Sejak belasan tahun terakhir, diketahui cukup banyak selebriti yang meninggal lantaran infeksi maupun kanker paru-paru.

Namun sederet selebriti ini telah berpulang kepada Yang Maha Kuasa, karya-karyanya akan tetap selalu dikenang. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, kisah seleb wafat akibat penyakit paru-paru, Jumat (1/2).

1. Dono Warkop

Loading...

meninggal penyakit paru © 2019 brilio.net

foto: istimewa

Tahun 2001 lalu, aktor sekaligus personel grup lawak Warkop DKI, Dono meninggal dunia. Kepergian Dono menyisahkan banyak kesedihan bagi masyarakat. Dilansir dari liputan6, Dono meninggal dunia akibat penyakit tumor di bagian pantat dan sudah menjalar menjadi kanker paru-paru stadium akhir, dan kemudian menyerang liver.

Akar jalar tumor tersebut mengeluarkan cairan dan mengakibatkan terganggunya pernapasan. Seperti diketahui, pemilik nama asli Wahyu Sardono meninggal di usia 50 tahun.

2. Pretty Asmara

meninggal penyakit paru © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@prettyasmara

Setelah beberapa hari mendapat perawatan di Rumah Sakit Pengayoman, Cipinang, Jakarta Timur, Pretty Asmara mengembuskan napas terakhirnya di usia 41 tahun. Dari hasil pemeriksaan, Pretty didiagnosa mengalami masalah dengan paru-paru dan lambungnya.

Sebelumnya, Pretty sering mengeluh sesak napas dan pusing. Selain itu karena permasalahan lambungnya, Pretty juga mengalami penurunan berat badan secara drastis.

3. Chrisye

meninggal penyakit paru © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Salah satu penyanyi legendaris Tanah Air, Chrisye meninggal dunia karena penyakit kanker paru-paru yang dideritanya sejak lama. Diketahui, semasa hidupnya Chrisye merupakan seorang perokok aktif. Ia meninggal tahun 2007 di usia 58 tahun.

4. Robby Tumewu

meninggal penyakit paru © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Pada awal tahun 2019 lalu, aktor sekaligus desainer Robby Tumewu kembali menghadap Sang Pencipta. Robby meninggal dunia karena infeksi paru yang dideritanya cukup lama. Salah satu sahabatnya, Debby mengungkapkan bahwa sebelumnya Robby sempat mengalami pecah pembuluh darah sebanyak tiga kali.

5. Nita Octobijanthy

meninggal penyakit paru © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@indrowarkop_asli

Istri aktor legendaris Indro Warkop, Nita Octobijanthy meninggal dunia pada 9 Oktober 2018 setelah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru sejak beberapa tahun terakhir. Selama mendapat perawatan rumah sakit, kondisi kesehatan Nita juga terus mengalami penurunan.

6. Pak Raden

meninggal penyakit paru © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Seniman sekaligus pencipta karakter Si Unyil Pak Raden meninggal dunia di usia 82 tahun. Diketahui pemilik nama asli Suyadi tersebut meninggal karena infeksi pada. Padahal semasa hidupnya, Pak Raden tidak pernah mengeluh dirinya sedang sakit.

7. Budi Anduk

meninggal penyakit paru © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Budi Anduk meninggal dunia pada 11 Januari 2016. Komedian yang khas dengan dengan model rambutnya meninggal dunia setelah melawan sakit kanker paru-paru stadium empat. Dilansir dari liputan6, sahabatnya Bopak Castello menceritakan kala itu Budi nyaris tak pernah menunjukkan tanda-tanda dirinya tengah terserang penyakit kanker.

"Dia enggak pernah mau ngeliatin kalau dirinya sakit. Dia enggak pernah mengeluh, malah dia selalu bilang kalau dirinya sehat," ujar Bopak Castello.