Brilio.net - Beberapa waktu terakhir ini, nggak di mobil, kampus, dan kantor, orang-orang bersenandung lagu Akad. Gimana nggak, lagu yang dipopulerkan oleh grup band Payung Teduh ini memang tengah digandrungi masyarakat. Bukti lainnya video klip Payung Teduh pada unggahan kedua kalinya berhasil mengumpulkan 18 juta penonton.

Apresiasi yang luar biasa dari masyarakat juga hadir dalam bentuk cover video. Kalau kamu cari coveran lagu Akad di YouTube dengan keywords 'cover payung teduh akad', kamu akan mendapat 200 ribuan lebih video.

Payung Teduh curhat lagunya di cover © 2017 brilio.net

foto: istimewa

Tak disangka, fenomena maraknya cover lagu Akad ini ternyata bikin sang vocalis Payung Teduh, Mohammad Istiqamah Djamad alias Is meradang. Dia meminta orang yang mengcover Akad lalu mengkomersilkannya meminta izin terlebih dahulu dikutip dari video curhatannya di akun Instagram @pustaka, Kamis (28/9).

Loading...

"Melihat betapa brutalnya aktivitas digital terhadap lagu akad... ada yang udah produksi, udah rekaman udah jualan di Spotify di iTunes tanpa seijin kami, lalu perform di TV tanpa ijin kami. Nggak apa-apa masalahnya cuma ijin aja, namun ketika udah lebih jauh ya mohon maaf kami harus bersikap... kayak di YouTube juga udah banyak yang sudah meraup keuntungan," tulisnya.

Menanggapi curhatan vokalis Payung Teduh ini, banyak warganet yang ikut perhatian. Mereka juga prihatin dengan kasus tersebut.

"@tertangkap setidaknya izin dulu, pt dri pertama udh ngebebasin lagunya buat di cover, di jdiin parody, aransemen nya di ganti tapi malah di salah gunakan, coveran nya di jual belikan, manggung bawain akad tanpa izin, ya kali pt gk bertindak," kommentar akun @rchmnnn.

"Minta izin trus bayar royalti kan simple. Brutal memang," sambung @mmatfajar.

Namun ada juga warganet yang mengungkapkan ketidaksetujuannya dengan curhatan vokalis Payung Teduh ini. Mereka menilai mekanisme cover lagu tidak sekaku itu.

"@yudhatigor kalau lagi mangung trus di req sama penonton trus lagunya belum izin apa harus izin dlu?" timpal akun @andrelates.

"@sarcessar ya. kl sekedar cover di youtube, record pake hp segala macem ya nggak perlu kan gue ijin ke mendiang john lennon buat cover lagu-lagu dia," tambah @anggitid.

Kalau menurut kamu gimana Guys?