Brilio.net - Sejak beberapa waktu terakhir, nama pedangdut Via Vallen jadi perbincangan publik. Hal tersebut tak terlepas dengan sentilan yang dari salah satu personel band Superman Is Dead (SID), Jerinx terkait Via yang diaggap telah mencover lagu milik SID 'Sunset di Tanah Anarki' tanpa izin.

Lewat akun media sosial pribadinya, pria pemilik nama asli I Gede Ari Astina itu menyebut mulanya tak mempermasalahkan Via membawakan lagu tersebut tanpa izin SID. Namun, menurutnya pelantun Sayang ini tidak berkontribusi apapun terkait misi perjuangan lingkungan dan sosial yang terdapat dalam lagu.

Menanggapi hal tersebut, Via Vallen akhirnya buka suara karena membawakan dan aransemen lagu Sunset di Tanah Anarki menjadi dangdut koplo. Melalui Instagramnya, penyanyi darah kelahiran Surabaya menyampaikan permintaan maafnya.

 via sid © 2018 brilio.net

-foto: Instagram/@viavallen

Loading...

"Kenapa harus saya (SAJA)??? Semoga klarifikasi dari saya ini sedikit bisa meluruskan beberapa hal yang sudah dianggap salah," tulisnya seperti dilansir brilio.net, Senin (12/11).

 via sid © 2018 brilio.net

-foto: Instagram/@viavallen

Dalam unggahan klarifikasinya, pedangdut 27 tahun ini menyampaikan permohonan maafnya kepada Jerinx bila selama lagu SID kurang berkenan dibawakannya untuk manggung dan irama musiknya merusak ruh dari lagunya.

 via sid © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@viavallen

Poin keduanya Via menegaskan bahwa lagu Sunset di Tanah Anarki tak pernah direkam dan diedarkan untuk dikomersilkan. Ia menyebut jika tidak mengetahui DVD yang dimaksud, karena dirinya tidak pernah menyanyikan lagu itu untuk dikomersilkan dan dijual dalam bentuk kaset oleh label yang menanunginya.

 via sid © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@viavallen

Selama ini banyak tim dokumentasi yang kerap merekamnya saat di atas panggung. Bila pihak itu mengedarkannya dan dikomersilkan melalui DVD atau YouTube (untuk diri sendiri yang mengedarkan), ia tak tahu menahu mengenai hal itu.

 via sid © 2018 brilio.net-foto: Instagram/@viavallen

Selanjutnya bagi Via, tujuannya melakukan cover lagu itu bukanlah untuk memperkaya diri sendiri. Sebab selama ini ia hanya menyanyikannya di atas panggung dan tidak mencuri atau mengaku lagu tersebut ciptaan dan miliknya, Sejauh ini, lagu Sunset di Tanah Anarki tetap karya miliki SID.

 via sid © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@viavallen

Selain itu, meski terbilang cukup aktif mengunggah video-video covernya di YouTube, wanita bernama asli Maulidia Octavia ini menjelaskan hingga saat ini belum menjadikan akun YouTubenya komersil. Sehingga banyaknya viewers sekali pun, ia tidak menerima serupiah pun penghasilan dari YouTube.

 via sid © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@viavallen

Pada poin terakhir, Via mempertanyakan mengapa hanya dirinya saja yang dipermasalahkan mengenai cover lagu milik orang lain. Melalui kolom pencariannya di YouTube, Via memberikan bukti banyak penyanyi dangdut lainnya yang membawakan lagu yang sama secara off air.

Melihat postingan tersebut, warganet pun memberikan beragam reaksi mengenai klarifikasi yang diberikannya. Terlebih keduanya hanya saling berbalas pesan melalui media sosial saja.

"Waduh rame ya.. Sabar mbak @viavallen Jgn di bawak semua ke hati.. Ambil hikmah baik dan buruk nya.. Kalo ada yang salah di rubah.. Kalo ada yang benar di pertahankan... Semangat mbakk," tulis @danish_y.h.

"Cobaan mbak @viavallen . Semakin terbang tinggi semakin kencang angin menerjang . Sik penting jujur lan iklash," sambung @fajarssn.

"Ayok mbak @viavallen semangat bikin karya sendiri, biar ga ada permasalahan seperti ini lagi...," komen @sartikaastrie.

"Belajar menghargailah karya orang lain, supaya kita juga berharga meskipun masih dengan karya mereka," tutup @jack_narsis.