Brilio.net - Jasa para pahlawan tentunya sangat dikenang oleh bangsa ini. Pasalnya tanpa mereka Indonesia tak akan seperti sekarang ini jika bukan karena perjuangan para pahlawan zaman dulu. Jika kita mempelajari sejarah dan menyaksikan beberapa film seiajarah, tentunya setiap orang akan paham betapa perjuangan untuk mencapai kemerdekaan itu sangatlah berat, bahkan dibutuhkan pertumpahan darah.

Untuk menghargai jasa-jasa pahlawan Indonesia selalu merayakannya setiap 10 November. Apapun yang dilakukan dan diperjuangkan para pahlawan nasional kita tentunya diharapkan bisa menginspirasi banyak orang.

Nah setiap pahlawan terhadahulu tentunya memiliki generasi penerus. Tahukah kamu ada di antara keturunan pahlawan tersebut kini berkiprah di dunia hiburan.

Lewat karyanya, para generasi penerus sang pahlawan, terbilang sukses menorehkan prestasi gemilang. Siapa saja seleb ini? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/5).

1. Maia Estianty.

Loading...

Seleb ini tak disangka keturunan pahlawan  istimewa

foto: Instagram/@maiaestiantydiary

Semula tak banyak yang tahu bahwa Maia Estianty merupakan sosok artis yang memiliki garis keturunan dari salah satu pahlawan Indonesia. Ya, musisi ini adalah cicit dari HOS Cokroaminoto yang merupakan seorang pemimpin salah satu organisasi Sarekat Islam (SI).

Layaknya keturunan pahlawan nasional lainnya, ibu tiga anak ini merasa bangga menjadi salah satu cicit dari HOS Cokroaminoto. Seperti yang telah diketahui, HOS Cokroaminoto dikenal sebagai sosok yang mengajarkan akhlak yang baik kepada keluarganya. Ia pun tertarik untuk melakukan hal serupa.

2. Setiawan Djody

Seleb ini tak disangka keturunan pahlawan  istimewa

foto: KapanLagi.com

Musisi senior Setiawan Djody juga merupakan cucu dari pahlawan penggagas organisasi Budi Utomo. Djody yang pernah bergabung dalam grup musik SWAMI ini adalah cucu Dr Wahidin Sudirohusodo salah satu pahlawan Indonesia yang namanya selalu dikaitkan dengan organisasi Budi Utomo.

Walaupun bukan pendiri Budi Utomo, namun Dr Wahidin adalah penggagas berdirinya organisasi yang didirikan para pelajar School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) Jakarta. Dr Wahidin sering dikenal sebagai sosok pahlawan yang sangat akrab dengan rakyat.

3. Nia Iskandar Dinata

Seleb ini tak disangka keturunan pahlawan  istimewa

foto: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Nama Nia Dinata yang masih berkaitan dengan nama salah satu pahlawan Indonesia. Sutradara dengan nama lengkap Nurkumiati Aisyah Dewi memang merupakan anak dari Dicky Iskandar Dinata sekaligus cucu dari sang pahlawan nasional, Raden Otto Iskandar Dinata yang dikenal dengan julukan si Jalak Harupat.

Nama Otto yang merupakan anggota BPUPKI dan PPKI ini semakin populer pada awal kemerdekaan Indonesia. Setelah kemerdekaan RI, Otto menjabat sebagai menteri negara di kabinet pertama Soekarno-Hatta.

4. Dian Sastrowardoyo

Seleb ini tak disangka keturunan pahlawan  istimewa

foto: Instagram/@diansastrofan

Dian Sastro bukan nama yang asing lagi di dunia hiburan. Pemeran Cinta dalam Ada Apa dengan Cinta ini merupakan cucu dari pahlawan. Ayah Dian adalah anak dari pahlawan pergerakan Indonesia Prof Sunario Sastrowardoyo.

Prof Sunario lahir di Madiun, 28 Agustus 1902. Selain menjadi salah satu dari pahlawan nasional, kakek Dian Sastro juga merupakan mantan Menteri Luar Negeri Indonesia yang ke-7, Menteri Perdagangan yang ke-12, Duta Besar Indonesia untuk Inggris, serta Rektor Universitas Diponegoro (Semarang) tahun 1963 silam. Tak heran, jika Dian Sastro dikenal sebagai sosok aktris yang cantik dan juga cerdas.

5. Dewi Yull.

Seleb ini tak disangka keturunan pahlawan  istimewa

foto: Instagram/@dewiyullofficial

Kakek diva senior Dewi Yull berkecimpung dalam media zaman perjuangan kemerdekaan RI. Adalah RM Tirto Adhi Soerjo, seorang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional yang dikenal sebagai Bapak Pers Indonesia setelah berjuang mendirikan surat kabar 'Medan Prijaji' pada tahun 1907 silam.

Kakek Dewi Yull ini merupakan orang pertama yang menggunakan surat kabar sebagai alat propaganda dan pembentuk pendapat umum. Sebagai bagian dari keluarga pahlawan, Dewi Yull kerap menghadiri acara silaturahmi keluarga besar Ikatan Keluarga Pahlawan Indonesia (IKPI).

6. Karina Salim.

Seleb ini tak disangka keturunan pahlawan  istimewa

foto: Instagram/@karinasalim

Karina Salim merupakan salah satu selebriti yang cukup terkenal. Dari namanya saja mungkin kamu sudah bisa menebak bahwa dirinya memiliki darah seorang pahlawan. Ya, artis cantik ini merupakan cicit dari pejuang kemerdekaan, H. Agus Salim.

Tentunya ini sangat membanggakan menjadi bagian dari anggota pahlawan. Terlebih kakek buyut Karina merupakan sosok yang penting bagi Indonesia. H.Agus Salim pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada era Soekarno.

7. Asri Welas.

Seleb ini tak disangka keturunan pahlawan  istimewa

foto: Instagram/@asri_welas

Mungkin kamu tidak menyangka bahwa ternyata Asri Welas merupakan keturunan seorang pahlawan. Ia merupakan keturunan ke-7 dari Pangeran Diponegoro. Tentunya ini menjadi suatu yang cukup membanggakan bagi seroang Asri Welas bisa memiliki garis keturunan dari seorang pahlawan besar seperti Diponegoro. Asri Welas baru mengetahui bahwa dirinya merupakan keturunan ke-7 Pangeran Diponegoro beberapa tahun silam.

8. Jeje Soekarno.

Seleb ini tak disangka keturunan pahlawan  istimewa

foto: Instagram/@jejesoekarno

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bukan bahwa Jeje ini memiliki garis keturunan seorang pahlawan. Jeje merupakan anak dari artis kondang Donna Harun. Donna menikah dengan salah satu cucu Proklamator Kemerdekaan Indonesia, yakni Ir. Soekarno. Pernikahan Donna dengan Rommy Soekarno tersebut kemudian melahirkan adik tiri Ricky yang bernama Jeje.

9. Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra.

Seleb ini tak disangka keturunan pahlawan  istimewa

foto: kapanlagi.com

Siapa yang tak kenal dengan sosok Guruh? Ia merupakan anak bungsu dari pasangan Ir. Soekarno, presiden Indonesia pertama dengan Fatmawati. Guruh dikenal sebagai seniman dan juga politikus. Menjadi anak dari seorang pahlawan Proklamator menjadi sangat membanggakan bagi dirinya, tentunya darah pejuang mengalir di tubuhnya. Hal ini ditunjukkan oleh Guruh lewat karya dan prestasi gemilangnya.

10. Paundrakarna

Seleb ini tak disangka keturunan pahlawan  istimewa

foto: kapanlagi.com

Putra sulung Raja Pura Mangkunegaran Solo, GPH Paudrakarna ini juga memiliki garis keturunan seorang pahlawan. Pasalnya ia merupakan cucu Presiden Soekarno, di mana ibunya adalah putri Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri. Paundrakarna memiliki wajah yang sangat tampan. Selain pintar akring, Paundrakarna ini juga lihai dalam menari.

11. Celine Evangelista.

Seleb ini tak disangka keturunan pahlawan  istimewa

foto: Instagram/@celine_evangelista

Baru-baru ini diketahui bahwa Celine Evangelista miliki garis keturunan pahlawan. Hal ini diketahui ketika dirinya mengunggah foto sedang berziarah ke sebuah makan. Dalam unggahannya tersebut ia memberikan keterangan bahwa dirinya sedang berziarah ke makan kakek buyutnya di Makassar, Sulawesi Selatan, yang tak lain adalah seorang pejuang bangsa, H.Fadeli Luran.

Seperti yang diketahui bahwa H.Fadeli Luran merupakan sosok yang berjasa dalam mempersatukan umat muslim. Di mana ia tidak ingin melihat umat muslim saling bermusuhan satu sama lain karena menganggap kelompoknya lah yang lebih baik.

Untuk memuluskan rencan­anya, ia kemudian mengajak H.M.Daeng Patompo dan Andi Baso Amir mendirikan satu wadah organisasional yang bisa menampung aspirasi kelompok-kelompok umat Islam yang ada.