Brilio.net - Setiap usaha pasti memiliki banyak perhitungan keuangan yang perlu selalu diperhatikan tiap rinciannya. Mulai dari rancangan modal yang dibutuhkan, keuntungan yang diperoleh, hingga kerugian yang bisa terjadi.

Jika usaha kecil saja berhubungan dengan hal tersebut maka tentu pengelolaan keuangan dalam perusahaan besar dapat lebih rumit lagi. Seringkali perusahaan besar harus menyewa jasa konsultan akuntansi untuk membantu audit keuangan perusahaan. Jasa yang diperlukan juga cukup beragam mulai dari pembukuan, kompilasi laporan keuangan, dan lainnya.

Seiring berkembangnya teknologi, kini hadir banyak aplikasi akuntansi baru yang membantu para pengusaha untuk mengurus bisnis. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih banyak alasan mengenai perlunya menggunakan aplikasi akuntansi beserta rekomendasi aplikasi akuntansi terbaik untuk membantu bisnismu yang telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Sabtu, (1/7)

Alasan perusahaan besar perlu menggunakan aplikasi akuntansi.

1. Tersedia banyak fitur untuk kepentingan pengelolaan keuangan.

Banyaknya aspek keuangan yang perlu dikelola oleh perusahaan besar membuat pemilik usaha mencari alternatif agar bisa mengelola bisnisnya. Keberadaan aplikasi akuntan akan membantu pemilik usaha memanajemen keuangan perusahaan menjadi lebih rapi.

2. Proses akuntansi dapat berjalan otomatis.

Berbagai fitur yang tersedia juga membuat data yang telah diisikan bisa berjalan secara otomatis. Mulai dari proses identifikasi hingga penyajian data yang berhubungan dengan transaksi juga bisa diakses dengan mudah.

Selanjutnya data-data yang disajikan juga bisa lebih lengkap, sesuai dengan pengaturan yang telah ditetapkan. Seperti laporan pengelolaan utang piutang dan pengelolaan persediaan atau stok barang yang akan berjalan otomatis. Pembagian tugas karyawan juga bisa lebih terstruktur tanpa adanya tumpang tindih karena aplikasi tersebut hanya digunakan oleh yang berwenang.

3. Menghemat biaya.

Menggunakan aplikasi akuntansi sebenarnya hampir mirip jika kamu meminta bantuan jasa seorang akuntan. Dengan demikian kamu jadi lebih bisa menghemat biaya yang dikeluarkan perusahaan karena tidak perlu menyewa tenaga ahli. Jika ingin lebih menguntungkan, kamu bisa mengalokasikan dana tersebut untuk keperluan lain yang lebih penting bagi bisnis.

4. Menghemat Waktu.

Selain ketepatan, kecepatan kinerja aplikasi akuntansi juga bisa membuat kamu menghemat waktu karena pekerjaan bisa selesai dengan efisien. Di sisi lain kamu bisa lebih fokus pada bagian pemasaran atau pengembangan produk baru agar dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

5. Mendapatkan financial report yang akurat dan kredibel.

Penggunaan aplikasi akuntansi juga dapat meminimalisir kesalahan dibandingkan dengan pengelolaan secara manual. Sebab perangkat lunak akuntansi yang digunakan tentu telah dirancang sedemikian rupa dan melewati berbagai uji coba.

Setiap pencatatan tentu membutuhkan ketelitian yang tinggi sehingga kemungkinan terjadinya human error pada perangkat lunak lebih sedikit. Dengan demikian aplikasi akuntansi dapat merekam data dan memprosesnya untuk memberikan laporan yang akurat.

6. Mendapatkan insight dari laporan keuangan yang dapat mendukung next action untuk mencapai goal.

Setiap pengelolaan bisnis tentu membutuhkan laporan keuangan yang dapat dipercaya sebagai bahan evaluasi mengenai proyek yang telah berjalan. Selanjutnya, laporan keuangan tersebut juga digunakan untuk membuat rancangan sebagai persiapan proyek yang akan datang.

Sebab laporan keuangan yang akurat lebih dapat dipercaya untuk membuat perencanaan yang matang. Dengan demikian, peluang akan tercapainya goal atau tujuan untuk next action juga lebih tinggi.

7. Mendukung pertumbuhan bisnis seperti meningkatkan profit.

Laporan keuangan yang akurat dan kredibel sebenarnya tidak melulu digunakan untuk rencana jangka panjang. Melainkan juga bisa dijadikan pedoman tiap fase perputaran bisnis sehingga bisa memantau jalannya bisnis tersebut.

Sebab semakin dini kamu mengetahui sedikit celah pada bisnis, maka dapat segera memperbaikinya. Setelah evaluasi kamu bisa langsung menggerakkan rekan bisnis untuk bekerja sama meningkatkan profit demi pertumbuhan bisnis yang lebih baik.

8. Keamanan data terjamin.

Selain dirancang dengan sedemikian rupa untuk mengolah data keuangan, aplikasi akuntansi juga biasanya dilengkapi dengan keamanan data yang terjamin. Penyimpanan data pada aplikasi akuntan biasanya terhubung dengan cloud dan koneksi internet.

Hasil dari koneksi tersebut membuat data otomatis tersimpan dan meminimalisir resiko kehilangan data. Namun kamu tentu tetap harus berhati-hati dengan membatasi akses pengguna aplikasi tersebut untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

9. Efisien digunakan dimanapun.

Sebagaimana perangkat lunak lain, aplikasi akuntan juga sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki banyak urusan di banyak
tempat. Situasi ini tentu dirasakan oleh para pengelola bisnis besar yang sering melakukan perjalanan bisnis. Menggunakan aplikasi akuntan yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun ini membuat kamu bisa memantau secara real time.

10. Pengelolaan pajak lebih mudah.

Peran aplikasi akuntansi tidak hanya berlaku untuk kepentingan berlangsungnya bisnis saja. Lebih daripada itu, kamu juga bisa sekaligus taat pajak dengan membuat laporan mengenai banyak pajak yang dibayarkan. Dengan demikian proses pelaporan pajak bisa menjadi lebih rapi terutama pada faktur yang telah dibayarkan selama periode tertentu.

Nah, itulah beberapa alasan yang dapat kamu pertimbangkan untuk segera menggunakan aplikasi akuntansi yang akan menunjang bisnis. Rekomendasi aplikasi akuntansi paling favorit adalah Mekari Jurnal yang sudah tersertifikasi ISO/IEC 27001. Sertifikasi ini menjamin keamanan aplikasi untuk digunakan dalam pengelolaan keuangan semua jenis perusahaan.

Mekari Jurnal juga memiliki banyak fitur menarik seperti manajemen stok, pembukuan dan membuat laporan keuangan, dan lainnya. Uniknya, terdapat pula Mekari Pay yang membantu memudahkan untuk menerima pembayaran melalui berbagai metode dari pelanggan.