Brilio.net - Idiom dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan ungkapan. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), idiom adalah suatu konstruksi yang maknanya tidak sama dengan makna unsurnya. Dengan kata lain, arti dari idiom secara menyeluruh dan dipisah-pisah adalah dua hal yang berbeda. 

Secara umum idiom dikelompokkan menjadi dua macam, yang pertama berdasarkan unsur pembentuk dan yang kedua berdasarkan pilihan kata pembentuk. Idiom yang pertama terbagi menjadi dua, yaitu idiom penuh dan idiom sebagian. Sedangkan, idiom yang kedua terbagi menjadi lima bagian, yaitu idiom menggunakan bagian tubuh, kata indra, jenis warna, bilangan, dan nama hewan. 

Idiom memang menjadi materi yang sering keluar pada pelajaran bahasa Indonesia, itu karena idiom memiliki makna kiasan yang harus bisa ditebak oleh para murid. Sederhananya, idiom adalah gabungan kata yang memiliki arti khusus. 

Berikut brilio.net rangkumkan 31 contoh idiom bahasa Indonesia dilengkapi penggunaan kalimat dan artinya, dikutip Rabu (28/9). 

(brl/pep)