Brilio.net - Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia banyak sekali materi tentang macam-macam teks. Adapun salah satu materi teks adalah teks prosedur.

Teks prosedur merupakan teks yang menjelaskan langkah-langkah atau cara melakukan sesuatu. Teks prosedur bertujuan untuk menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan agar pembaca atau pemirsa dapat secara tepat dan akurat mengikuti sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat.

Pada dasarnya teks prosedur bisa membantu siapapun untuk melakukan suatu hal, aktivitas, kebiasaan, dan suatu cara tertentu secara berurutan dan dengan tahapan yang benar. Teks tersebut kemudian dapat dikatakan sebagai teks yang berisi mengenai tutorial. Sehingga bisa membantu siapa saja untuk mencapai tujuan mereka, baik dalam membuat suatu hal ataupun untuk mencapai suatu yang mereka inginkan.

Setelah mengetahui pengertiannya, teks prosedur mempunyai beberapa ciri yang dapat membantu pembacanya langsung memahami bahwa teks yang mereka baca termasuk ke dalam teks prosedur atau jenis teks lainnya. Berikut ini adalah beberapa cirinya:

a. Menggunakan kata-kata kerja perintah

b. Menggunakan konjungsi

c. Menggunakan kata-kata teknis

d. Terdapat tujuan kegiatan yang dibahas

e. Ada alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kegiatan yang dibahas

Contoh soal teks prosedur  © 2022 brilio.net

Foto: pixabay.com

Untuk mengetahui lebih lanjut sekaligus mengasah kemampuan memahami teks prosedur, berikut ukasannya yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (27/9).

(brl/far)