Brilio.net - Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ide pokok adalah rancangan pokok yang tersusun di dalam pikiran, gagasan atau merupakan suatu gagasan/pikiran utama dari sebuah paragraf atau yang mendasari suatu paragraf.
Mempelajari dan memahami ide pokok pada dasarnya adalah hal yang susah-susah gampang. Dalam menentukan ide pokok dari paragraf, kamu perlu membaca sekaligus mencermati setiap kalimat dari paragraf.

Ketika kita membaca suatu karangan ataupun paragraf, maka kita akan menemukan inti atau gagasan yang menjadi landasan karangan tersebut. Terdapat juga beberapa kalimat pendukung di dalamnya. Contoh ide pokok yang paling mudah kita temukan adalah dari buku, novel, artikel, hingga berita. Keempat hal tersebut pada dasarnya dibangun dengan berbagai ide pokok di setiap paragrafnya.

A. Pengertian ide pokok paragraf.

Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Sebuah ide pokok letaknya pada kalimat utama dari suatu paragraf. Dalam setiap paragraf akan memiliki satu ide pokok saja.

Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas. Keberadaan ide pokok dalam sebuah paragraf tidak selalu pada kalimat pertama. Bentuk paragraf yang beragam mengakibatkan kalimat utama dapat berada di kalimat pertama, kalimat terakhir, bahkan dapat berada di kalimat pertama dan terakhir.

Ada tiga jenis paragraf yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif dan paragraf campuran.
- Paragraf deduktif: pada paragraf deduktif kalimat utama terletak di awal paragraf atau kalimat utama dinyatakan lebih dahulu baru diikuti kalimat penjelas.
- Paragraf induktif: pada paragraf induktif kalimat utama terletak di akhir paragraf atau kalimat penjelas disampaikan terlebih dahulu baru kalimat utama.
- Paragraf campuran: paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat topik.