Brilio.net - Dalam setiap penulisan yang ada di buku, cerita pendek, dan lainnya pasti tak pernah lepas dari paragraf. Nama lain paragraf adalah alinea. Paragraf adalah serangkaian kalimat yang saling berhubungan untuk membentuk sebuah gagasan atau ide.

Paragraf merupakan inti penuangan buah pikiran dalam setiap karangan tulisan. Karena dalam setiap paragraf terkandung satu unit buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf seperti kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat penjelas, hingga kalimat penutup.

Dengan adanya paragraf dapat berguna sebagai penanda pembukaan topik baru, memisahkan gagasan pokok yang satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, para pembaca akan mudah memahami isi paragraf secara utuh.

Mungkin sebagian orang masih kesulitan saat menentukan dan membedakan jenis paragraf. Nah, untuk menunjang dan menambah pengetahuan terkait dengan paragraf yang berguna dalam sebuah penulisan. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/5), pahami fungsi, ciri, dan jenisnya paragraf.